Penerapan Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMKN 1 Sulawesi Selatan

Fitriana Nur, Ahmad Yani, Abd Haris

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan Inquiry Based Learning, (2) mengetahui hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan pendekatan Inquiry Based Learning (3) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan pendekatan inquiry based learning. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 24 peserta didik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar fisika kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan sebelum diajar menggunakan pendekatan inquiry based learning sebesar 10,21 dan setelah diajar dengan pendekatan inquiry based learning sebesar 16,50. Dari hasil analisis uji n-gain diperolah N=0,41 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam kategori sedang.

Kata kunci: inquiry based learning dan hasil belajar fisika

This research used pre experimental research. These researches aimed to (1) know the physics student learning outcomes before treatment through Inquiry Based Learning approach, (2) know the physics student learning outcomes after treatment through Inquiry Based Learning approach, (3) find out the improvement of the student’s outcomes study physics before and after treatment through Inquiry Based Learning approach. Subject of this research were all of the students in the first year of TKJ2 SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan In academic year 2014/2015 it consisted of 24 students. . Finding indicated the mean score of the physics student learning outcomes the first year TKJ2 SMK Negeri 1 Sulawesi selatan before the application of Inquiry Based Learning Approach were 10.21 and after treatment through Inquiry Based Learning were 16.50. from the analysis of test n-gain obtained N = 0.41 it means that there is improvement the student learning outcomes physics in category fair.

Key words: inquiry based leaening, and physics learning outcomes


Full Text:

PDF

References


M. Arief Fauzan Bukhori, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Optimalisasi Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Di SMA Negeri 4 Magelang,Jawa Tengah. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. Volume 4, No. 1&2, 2013, pp . 11-21.

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka, 2007.

Saptorini,Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Inkuiri Guru Kimia Di Kabupaten Demak. Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran. Volume 8, No. 2, 2010.

Mundilarto, Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika. Cakrawala Pendidikan. Volume XXIII No, 2, 2013, pp. 250-257.

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda karya, 2013




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Physics Education Department, Universitas Muhammadiyah MakassarAll rights reserved. (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015)