Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fisika Berbasis Strategi ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment Dan Satifaction) Pada Materi Pengukuran SMA Barrang Lompo

Andi Nur Isma, M Agus Martawijaya, Bunga Dara Amin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fisika Berbasis Strategi ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) pada Materi Pengukuran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rara-rata skor hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) adalah 20,96 dan standar deviasinya 4,07. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa ada 81% peserta didik atau 21 peserta didik berada dalam  kategori tuntas atau mencapai KKM secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII1 SMP Negeri 26 Makassar mengalami peningkatan dan telah mencapai kreteria ketuntasan minimal (KKM) secara klasikal.

Kata kunci: RPP, Strategi ARIAS (Assurance, Relevance, Interst, Assessment dan Satifaction), Pengukuran.

Thisis adescriptive research ai medtode termine the (1) quality of Learning Implementation Plan (RPP) Physics-Based Strategy ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) on Material Measurement. Descriptive analysis showed that the average score srara physics learning out comes of students who are taught byt he application ofactivity-oriented learning strategies students (PBAS) was 20.96 and the standard deviation is 4.07. Based on the percentage of completeness learning outcomes of students indicate that there are 81% of students or 21 students are in the category of complete orachieve the classical KKM. Based on the results mentioned above, it can be concluded that the results of learning physics class students of SMP Negeri 26 Makassar VIII1 increasing and has reacheda minimum complete nesscriteria (KKM) in the classical style.

Key words: RPP, Strategy ARIAS (Assurance, Relevance, interst, Assessment and Satifaction), Measurements


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, A. 2010. Penerapan Teknik Pembelajaran Marry Go Round untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA2 SMAN 9 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sel Elektrokimia). Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan. UNM.

Handayani Sri.dkk. 2013.Fisika untuk SMA dan MA kelas X, Jakarta: pusat perbukuan.

Harianto. 2004 Analisis perangkat pembelajaran fisika SMA yang Berorientasi pada Kurikulum Berbasis Kompetensi di Pulau Barrang Lompo. Makassar: Skripsi

Khaeruddin, & Akib, Erwin. 2006. Metodologi Penelitian. Makassar: CV. Berkah Utami.

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2010 Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Statistik. Bandung: Alfabeta.

Suwanto Bambang. 2013. Asas-Asas Fisika 1A, Yogyakarta: yudistira.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Physics Education Department, Universitas Muhammadiyah MakassarAll rights reserved. (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015)