Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Aisyiyah Paccinongang

Ariansyah Ariansyah, Khaeruddin Khaeruddin, Maruf Maruf

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII SMP Aisyiyah Paccinongang yang berjumlah 35 peserta didik terdiri atas 7 peserta didik laki-laki dan 28 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi.Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik dalam kelas digunakan lembar observasi.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60.97 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 34.29% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 72.00 dengan persentase jumlah peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 71.43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan pengukuran peserta didik kelas VII SMP Aisyiyah Paccinongang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual.

Kata Kunci - Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Fisika.

This research is aclassroom action research that aims to improve learning outcomes at Junior High School Aisyiyah Paccinongangin class VIItotal population are 35 students consists of 7 male students and 28 female students. This research was conducted in two cycle consists of four major components, namely: 1). Planning, 2). Action, 3). Observations, and 4). Reflection. To collect data on student learning outcomes achievement test was used in the form of multiple choices and increasing students' activity data in classromm was used observation sheet. Furthermore, the data were analyzed by using analysis of quantitative and qualitative analysis. The results showed in the first cycle an average value of student learning outcomes at 60.97 with a percentage of the number of students in the high category at 34.29%, while in the second cycle the average value of student learning outcomes at 72.00 with a percentage of the number of students in the high category at 71.43%. It can be concluded that the research results on the subject of measurement physics in class VII Junior High School Aisyiyah Paccinongang can be improved by using contextual learning model.

Key Words - Classroom Action Research, Contextual Learning, Learning Outcomes Physics.


Full Text:

PDF

References


Ali, S. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S, Dkk. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S, Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2014.Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhaedah. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Makassar: Unismuh.

San.S, Dkk. 2013.Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Motivasi Belajar.Jurnal Program Pascasarjana Undiksha, Diakses Oktober 2014.

Setiawan, I G. A. N. 2008.Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Undiksha, 55, Diakses September 2014.

Siregar, S. 2010. Statistik Deskriptif untuk Penelitian.Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, A. 2004.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sudjana. 2000. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito

Suprijono, A. 2013.Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuri, A, DKK. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press

Titin, Dkk. 2011.Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukadana. Jurnal Penelitian Universitas Tanjungpura, Diakses Oktober 2014.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Yulianti, D, DKK. 2011. Penerapan Jigsaw Puzzle Competition dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Diakses September 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Physics Education Department, Universitas Muhammadiyah MakassarAll rights reserved. (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015)