Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar

Muhammad Amin Said, Muhammad Arsyad, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 14 Makassar sebelum diterapkan metode scramble? (2) seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 14 Makassar setelah diterapkan metode scramble? (3) bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 14 Makassar setelah diterapkan metode scramble? Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain Pre-test and Post-test Group dengan melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar Fisika dan variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA 1 SMA 14 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel sebanyak 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar Fisika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik kelas XMIA 1 SMA 14 Makassar sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 6,94 dan standar deviasi sebesar 1,60 dan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 13,92 dan standar deviasi sebesar 2,37 dengan nilai rata-rata Gain Ternormalisasi 0,54 berada dalam kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 14 Makassar.

Kata kunci: Pra-eksperimen, Tipe Scramble, Hasil Belajar

The objectives of this research were to find out (1) how big the result of physics learning process at the X MIA 1 class SMAN 14 Makassar before applying scramble method? (2) how big the result of physics learning process at the X MIA 1 class SMAN 14 Makassar after applying scramble method? (3) how the improvement of physics learning outcomes at the X MIA 1 class SMAN 14 Makassar after applying scramble methods?This research was a pre-experimental design, it used the Pre-test and Post-test Group which involving the dependent variable that was the physics learning outcomes and the independent variable was cooperative learning model scramble. The population in this study were all students at the X MIA 1 class SMA 14 Makassar on odd semester academic year 2014/2015 with 36 students as the samples. The research instrument that used was the results of physics learning test. The descriptive analysis showed that the average value of Physics learning outcomes of the students at X MIA 1 class SMA 14 Makassar before taught by using cooperative learning model scramble was 6.94 with a standard deviation comes up to 1.60 and after taught by using cooperative learning model scramble was 13.92 with 2.37 standard deviation and average value Gain normalized was 0.54 which categories as medium category. From those analyses it can be concluded that cooperative learning model scramble can improve learning physics outcomes at the X MIA 1 class SMAN 14 Makassar.

Keywords: Pre-experiment, Scramble model, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prodesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010.

Azizah. 2010. Implementasi Cooperative Learning Dengan Metode Scramble Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2006.

Haling, A. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM. 2006.

Jufri, Wahab. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta. 2013.

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama. 2013.

M, Sadirman A. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011.

Rahim, Rahman. Metode Penelitian Pendidikan. Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Santoso, Ras Eko Budi. Model Pembelajaran Word Square. 2011. (online)

http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-word square.html. Diakses pada tanggal 6 Mei 2014.

Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Sugiono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2012.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar. 2009.

Yusirisa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. 2011. (online) http://yusiriza.wordpress.com/2011/07/20/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-scramble/ diakses pada tanggal 6 Mei 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.