Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar

Tenri Ape P, Muh Tawil, Bunga Dara Amin

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi, dan (2) mendeskripsikan apakah hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar dengan jumlah peserta didik 30 orang . Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 14Makassar setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan peserta didik 21 dengan skor terendah 7 dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 24 dengan skor terendah 7 dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VII.5  setelah diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan media presentasi mengalami peningkatan dengan tingkat peningkatan 0.28.

 Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Quantum Learning, pre-test, dan post-test.

Main problem in this research that is how to apply the model Quantum Learning with the presentation of media to increase outcomes learning competitor physics educated  class of VII.5 SMP Negeri 14 Makassar. This Research aim to: ( 1) To the scrib  outcomes learning competitor physics educated by class of VII.5 SMP Negeri 14 Makassar before and after applied by model Quantum Learning with the presentation of media, and ( 2) to thescrib of what outcomest learning the competitor physics educated class of VII.5 SMP Negeri 14 Makassar experience of the improvement after taught with the model Quantum Learning with the presentation of media. this Research type is research pra-eksperimen by sampel is research that is competitor educated class of VII.5 SMP Negeri 14 Makassar with the competitor amount educated by 30 peoples . Desain Research used is Pre-Test and Post-Test Group Design. Result of research indicate that there are make-up of outcomes learning the competitor physics educated by class of VII.5 SMP Negeri 14Makassar after applied by model Quantum Learning with the presentation media with the result pre-test obtained by a maximal score of competitor acquirement educated by 21 with the score lowes 7 in high category, and at the time of post-test obtained by a maximal score of students acquirement 24 with the score lowes 7 in category very high. Pursuant to inferential research result that outcomes learning the competitor physics educated by class VII.5 after taught to use the model Quantum Learning with the presentation media experience of the improvement with the improvement storey, level 0.28.

Key words: outcomes learning, model Quantum Learning, pre-test, and post-test.


Full Text:

PDF

References


Mariantini, Evi, dkk. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Beriorentasi Keterampilan Sains berbantuan Media Visual Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Prakara, Yova Agustian, dkk. 2012. Model Quantum Learning Dengan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Di SMPN 7 JEMBER kelas VIII. 1, (2)

Cahyo, Agus N. 2012. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2012. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakart: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsido Bandung




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.