Penerapan Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMKN 1 Sulawesi Selatan

Andi Alfiani saputri, Ahmad Yani, Maruf Maruf

Abstract


Penelitian ini penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas Kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu tahun ajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Blended Learning. (2) apakah hasil belajar fisika telah mencapai KKM 65% pada kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu setelah diterapkan strategi pembelajaran Blended Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One shot case study Design yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu hasil belajar fisika dan variabel bebas yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Blended Learning. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang.  Instrumen  yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil analisis statistik deskriptif mengungkapkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X MIA.3 adalah 70,80 berada dalam kategori sedang dan hasil belajar fisika siawa kelas X MIA.3 telah mencapai standar KKM.

Kata kunci : Strategi Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar Fisika.

The study was a pre-experimental study aimed to: (1) know the physics student learning outcomes before taught using Inquiry Based Learning approach, (2) know the results after studying physics students taught using Inquiry Based Learning approach (3) determine how physics learning outcome of students before and after being taught with inquiry-based learning approach. The subjects were all students of class X TKJ2 SMK 1 South Sulawesi 2014/2015 academic year consisting of 24 learners. Descriptive analysis showed the average score in class X results study physics TKJ2 SMK 1 South Sulawesi before taught using inquiry-based learning approach for 10.21 and after being taught with inquiry-based learning approach for 16.50. From the analysis of test n-gain obtained N = 0.41 which showed an increase in student learning outcomes physics class X TKJ2 SMK 1 South Sulawesi academic year 2014/2015 in category.

Key words: inquiry based leaening, and physics learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Purwanto. 2013. Evaluasi hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi dan MetodeR & D. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 1992. Metode Statistik. Tarsito: Bandung.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar –Dasar Statistika. Yogyakarta: Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.