Penerapan Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMKN 1 Sulawesi Selatan
Andi Alfiani saputri, Ahmad Yani, Maruf Maruf
Abstract
Penelitian ini penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hasil belajar fisika peserta didikkelas Kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu tahun ajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Blended Learning.(2) apakah hasil belajar fisika telah mencapai KKM 65% pada kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu setelah diterapkan strategipembelajaran Blended Learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One shot case study Design yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu hasil belajar fisika dan variabel bebas yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Blended Learning.Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA.3 SMA Negeri 1 Kahu dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar.Hasil analisis statistik deskriptif mengungkapkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X MIA.3adalah 70,80 berada dalam kategori sedang dan hasil belajar fisika siawa kelas X MIA.3 telah mencapai standar KKM.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar Fisika.
The study was a pre-experimental study aimed to: (1) know the physics student learning outcomes before taught using Inquiry Based Learning approach, (2) know the results after studying physics students taught using Inquiry Based Learning approach (3) determine how physics learning outcome of students before and after being taught with inquiry-based learning approach. The subjects were all students of class X TKJ2 SMK 1 South Sulawesi 2014/2015 academic year consisting of 24 learners. Descriptive analysis showed the average score in class X results study physics TKJ2 SMK 1 South Sulawesi before taught using inquiry-based learning approach for 10.21 and after being taught with inquiry-based learning approach for 16.50. From the analysis of test n-gain obtained N = 0.41 which showed an increase in student learning outcomes physics class X TKJ2 SMK 1 South Sulawesi academic year 2014/2015 in category.
Key words: inquiry based leaening, and physics learning outcomes