Motivasi Belajar Sains Fisika Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Model Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan motivasi belajar sains fisika siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples”. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.N Model Makassar kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Randomized Control-Group pretest-postest (Suryabrata, 2004). Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs.N Model Makassar. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, RPP, LKS, dan motivasi ARCS. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil tes yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 12 diperoleh sig = 0,170. Karena dilakukan uji 2 sisi, maka sig : 2 menjadi signifikan sebesar = 0, 0952. Dengan demikian nilai 0,170 > 0,05 atau 0,0952 > 0,05 maka Ho diterima. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan (meyakinkan) antara motivasi belajar sains fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif strategi Examples Non Examples dengan pembelajaran secara konvensional pada materi pokok alat-alat optik. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dan model pembelajaran bervariasi di sekolah walaupun materi yang berbeda untuk melihat tingkat signifikansinya demi meningkatkan pendidikan di masa yang akan datang.
Kata kunci : Motivasi, Sains fisika, pembelajaran kooperatif, dan model Examples Non Examples
The purpose of this study is to increase students' motivation to learn science physics class VIII MTs Negeri Makassar Model Cooperative Learning through Application Examples Non-Examples ". This research was conducted in Makassar Model MTs.N class VIII in the second semester of the school year 2013/2014. The design of the study is a Randomized Control-Group design pretest-posttest (Suryabrata, 2004). The research sample is a class VIII student MTs.N Model Makassar. The instruments used in this study is the syllabus, lesson plans, worksheets, and motivation ARCS. Results of this study was obtained based on the results of tests performed using SPSS version 12 was obtained sig = 0.170. Because the test was done two sides, then sig: 2 becomes significant at = 0, 0952. Thus the value of 0.170> 0.05 or 0.0952> 0.05 then Ho is accepted. Thus there is no significant difference (convince) the motivation to learn the science of physics students who use cooperative learning strategies Non Examples Examples with conventional learning in the subject matter optical instruments. It is suggested to further researchers to apply Cooperative Learning Examples Non-Examples and learning models vary in different materials even though the school to see the level of significance in order to improve education in the future.
Keywords: Motivation, Science physics, cooperative learning, and models Examples Non-Examples
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Bandung.
Lie, A., 2004. Pembelajaran Kooperatif. Grasindo, Jakarta.
Santoso, Singgih, 2005. Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 12. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sardiman, A.M., 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana, N., 2004. Penilain hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Suryabrata, Sumadi, 2004. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka, Surabaya.
Uno, H.B., 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara, Jakarta.
Wena, Made, 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.