Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Eksperimen Berbasis Kooperatif Pada Siswa Kelas XI IPA4 SMA Negeri 14 Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action research) yang bertujuan meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas kelas XI IPA4 SMA Negeri 14 Makassar,melalui Melalui Metode Eksperimen Berbasis koopertif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI IPA4 SMA Negeri 14 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2011 /2012 yang terdiri dari 41 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan selama empat kali pertemuan dan pada siklus dua dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes akhir belajar pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tergolong tuntas belajarnya pada siklus I hanya 60,97% dan pada siklus II mencapai 78,04% atau terjadi peningkatan sebesar 17,07%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran fisika melalui Pendekatan Metode Eksperimen Berbasis kooperatif. dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci :Hasil Belajar, Metode Eksperimen Berbasis kooperatif kuantitatif, kualitatif, dan observasi.
This research is a classroom action research (Clasroom Action research) aimed at improving student learning outcomes physics class XI classes IPA4 14 SMA Makassar, through Method Through Experiment Based koopertif. The subjects were students of class XI classes IPA4 SMAN 14 Makassar semester of academic year 2011/2012 consists of41 students. The experiment was conducted two cycles consisting of four activities, namely: planning, action, observation and reflection. In the first cycle conducted over four sessions and two cycle held three meetings. Data collection was performed using the results of study observation sheet, the final test at the end of the first cycle study and the end of the second cycle. The collected data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the quantitative analysis of data from physics study showed that the number of students classified as learning completed in the first cycle and only 60,97% in the second cycle reaches 78,04%oranincreaseof 17,07%. The results of the qualitative analysis showed an increase in activity of the students during the learning process approach physics through experiments based cooperative method.canimprove student learning out comes
Keywords: Learning Outcomes, experiment-based cooperative method of quantitative, qualitative, and observation.
Full Text:
PDFReferences
Amri,Sofan dan Ahmasi, Iif Khoiru. 2010. Konstruksi Pemgembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Aries, Muhammad. 2008. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas XA SMA Cokroaminoto Tamalanrea Makassar”. Makassar: Skripsi. FMIPA UNM.
Boediono.2002. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdinas.
http://www.artikelbagus.com/2011/06/kelebihan-dan-kelemahan-model.html
Eggen,Paul D dan Kouchak, Donald P.2012. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta Barat: PT.Indeks.
Hinduan,Achmad.2002. Pengembagan Kurikulum Program Sarjana Fisika Berdasarkan Kompetensi. Bandung: Makalah. UPI.
Khaeruddin dan Erwin Akib. 2009. Metodologi Penelitian. Makassar: CV. Berkah Utami.
Sanjaya, wina. 2011. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakrta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudjana. Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Anglesindo.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutrisno. 2002. Pemikiran Tentang kurikulum Pendidikan Tinggi Program Akademis Bidang Matematika. Bandung: Makalah. Jurusan Fisika ITB
Titin, Asni. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran (TAI) Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Makassar. Universitas Negeri Makassar.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.