Penerapan Pembelajaran Partisipatif Metode True-False Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 17 Bulukumba

Rahmat Taufik, Rahmini Hustim, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen yang bertujuan untuk: Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 17 telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu 75% setelah diterapkan pembelajaran partisipatif metode true-false. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Bulukumba tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 114 siswa dengan sampel sebanyak 29 siswa yang ditentukan melaui Simple  Random Sampling (pengacakan kelas). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hipotesis penelitian hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 17 Bulukumba setelah diterapkan pembelajaran partisipatif metode true-false telah  mencapai standar ketuntasan klasikal yaitu 75% . Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika sebanyak 21 nomer dalam bentuk pernyataan benar/salah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata- rata hasil belajar fisika siswa setelah diajar dengan model pembelajaran partisipatif metode true-false sebesar 74,20 dan standar deviasinya 3,71. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII B  SMP Negeri 17 Bulukumba setelah diterapkan pembelajaran partisipatif metode true-false  telah mencapai standar ketuntasan klasikal yaitu 75%.

Kata Kunci: Penelitian Pra-Eksperimen, Pembelajaran partisipatif metode true-false.

This research is a pre-experiment that aims to: To know the learning outcomes of students of class VII B SMP Negeri 17 have reached Mastery classical criteria, namely 75% after application of participatory learning methods true-false. Subjects in this study population was all students of class VII B SMP Negeri 17 Bulukumba the academic year 2013/2014 as many as 114 students with a sample of 29 students were determined through simple random sampling (random class). The study design used is the One-Shot Case Study. The study hypothesis learning outcomes physics class VII B SMP Negeri 17 Bulukumba after application of participatory learning methods have reached a true-false standard classical completeness is 75%. The research instrument used was a test result of studying physics as much as 21 numbers in the form of the statement is true / false. Data analysis techniques used in this research is descriptive statistics and hypothesis testing. Descriptive analysis showed that the average of the results of studying physics students after being taught by the model of participatory learning methods true-false of 74.20 and a standard deviation of 3.71. Hypothesis testing results show that the learning outcomes of students of class VII B SMP Negeri 17 Bulukumba after application of participatory learning methods have reached a true-false standard classical completeness is 75%.

Keywords: Pre-Experimental Research, Participatory learning methods true-false


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2003. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Iva. 2012. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X2 SMA Bajiminasa Makassar . Skripsi tidak diterbitkan. Makassar Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ridwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suprijono. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. yogyakarta: pustaka pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Tiro. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Yudianto. 2012. Penerapan metode make a match dalam pembelajaran fisika pada peserta didik kelas VII B smp negeri 1 sukamaju kabupaten luwu utara. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Zaini. 2008. Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.