Clinical Supervision Model for Building Sciences Teacher's Professionalism in Curriculum Implemention 2013
Abstract
The aim of developing this supervision model is to produce a science education supervision model that is able to help parties or stakeholders who take responsibility in the process of building teacher professionalism in implementing the 2013 curriculum into science learning (IPA). To be able to measure the level of quality of the 2013 curriculum implementation in science learning in junior high schools, an ongoing monitoring and evaluation effort is needed. One effort that can be done to maintain the quality and quality of science learning that implements the 2013 curriculum is through the implementation of clinical supervision of science learning. The purpose of science learning quality assurance must be done as a form of concern in ensuring students get science learning in accordance with the objectives and levels derived from the 2013 science curriculum.
Keywords: The 2013 Curriculum, Clinical Supervise Model, Monitoring And Evaluation, Quality Control
Tujuan pengembangan model supervisi ini adalah untuk menghasilkan suatu model supervisi pendidikan IPA yang mampu membantu pihak atau stakeholder yang ikut serta bertanggung jawab dalam proses membangun profesionalisme guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 ke dalam pembelajaran sains (IPA). Untuk dapat mengukur tingkat kualitas implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA di sekolah-sekolah SMP, maka diperlukan suatu upaya monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas dan mutu pembelajaran IPA yang mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah melalui pelaksanaan supervisi klinis pembelajaran IPA. Tujuan mengapa harus dilakukan penjaminan mutu pembelajaran IPA adalah sebagai bentuk kepedulian dalam menjamin peserta didik mendapatkan pembelajaran IPA sesuai dengan tujuan dan tingkatannya yang diturunkan dari kurikulum IPA 2013.
Kata kunci: Kurikulum Ipa 2013,Model Supervise Klinis, Monitoring dan Evaluasi, Penjaminan MutuFull Text:
PDFReferences
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA, Jakarta, 2007.
Government of St. Kitts and Nevis, Clinical of Teaching, Makalah Supervisi Pendidikan. [online]. Tersedia: https://www.google.com/#q=models+of+clinical+supervision+in+education, 1 januari 2017.
Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Direktorat Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Jakarta, 2006.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam; Modul Pelatihan Implementasi 2013, 2013.
P.A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.
D. Satori, Supervisi Akademik dan Penjaminan Mutu dalam Pendidikan Persekolahan. Materi Kuliah Supervisi Pendidikan IPA, PPs UPI Bandung, 2005.
W. Widodo, Model Supervisi Pendidikan IPA, [online]. Tersedia: https://www.google.com/#q=Model+pengembangan+supervisi+pendidikan+IPA, 2014.
E. Sallis, Total Quality Management in Education, London: Kogan Page, Ltd, 1993.
Wiyanto, “Supervisi Pendidikan IPA Bercirikan Dialog Profesional Kesejawatan Dalam Konteks Pelaksanaan MBS”, Jurnal Prosiding Unnes, [online]. Tersedia: http://prosiding.ikippgrismg.ac.id/index.php/UMKPLS/SMLS/paper/view/49/56, 1 Januari 2014.
Tawil, “Model Supervisi Pendidikan IPA”, Makalah Supervisi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan, 2008.
D. Satori, Supervisi Sebagai Penjaminan Mutu Pendidikan. Materi Kuliah Supervisi Pendidikan IPA. PPs UPI Bandung, (____).
Kepala Badan PSDMP dan PMP, Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta, 2013.
Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP,
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.