Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Perserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto

Andi Sri Putri Rustam, Muh Tawil, Bunga Dara Amin

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode pembelajaran Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik kelas XI. IPA1 sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran Resitasi dan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI. IPA1 SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto setelah diterapkan metode pembelajaran Resitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pretest yang tuntas secara individual dari 21 orang peserta didik hanya 3 orang peserta didik atau 14,28% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah dan adapun skor rata-rata peserta didik diperoleh sebesar 15,58%. Sedangkan pada Posttest dari 21 orang peserta didik terdapat 15 peserta didik atau 71,42% telah memenuhi KKM atau berada pada kategori sedang dan skor rata-rata peserta didik 21,38%.

Kata Kunci: Pra-Eksperimen, Resitasi, Pretest-Posttest Design, Hasil belajar

The main problem in this research is how to apply the recitation teaching methods to improve student learning outcomes physics Bangkala West Senior High School 1 District. Jeneponto. This study aims to describe how big the learning outcomes of students of class XI physics. IPA1 before and after the recitation and learning methods applied to describe an increase learning outcomes of students of class XI physics. IPA1 Bangkala West Senior High School 1 District. Jeneponto after recitation applied learning methods. The results showed that the pretest is completed individually from 21 students only 3 people, or 14.28% of learners who meet the minimum completeness criteria (KKM) or are in the category of very low and as for the average score obtained by 15 students , 58%. While on the posttest of 21 students there are 15 students or 71.42% KKM have met or are in the medium category and an average score of 21.38% learners.

Keywords: Pre-experiment, recitation, pretest-posttest design, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, dan Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: AR-Ruzz Media.

Djamarah, dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Meltzer, D.E, 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i3.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.