Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Tahun 2013-2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika SMP Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Tahun 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan melibatkan 25 orang siswa kelas VIIIc. Penelitian Tindakan ini terdiri atas dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes siklus. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran berbasis masalah “open-ended” dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan agar setiap pembelajaran Fisika ditekankan pada belajar konsep dengan penyajian masalah-masalah yang sifatnya “open-ended”.
Kata kunci : Hasil belajar, Open Ended Problem
This study aims to improve learning outcomes Physics SMP Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Year 2013/2014. This research is a class action involving 25 students of class VIIIC. This study consisted of two cycles. Data collected by the test cycle. Data were analyzed descriptively. The results showed that problem-based learning "open-ended" can improve student learning outcomes. Based on the results of this study can be recommended that any emphasis on learning physics learning concept with the presentation of the problems that are "open-ended".
Keywords: learning outcomes, Open Ended Problem
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar–dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aiyadiksara.
Basri, Najamuddin. 2008. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Pendekatan Sains (IPA) berdasarkan KBK. Makassar :UNM
Suma, K. 2005. Efekttivitas Model Pembelajaran Matematika- Sains terpadu Berorientasi Pemecahan Masalah Open-Ended Argumentatif dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Keterampilan Berpikir Divergen dan Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka pelajar
Rismawati. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Salomekko Kabupaten Bone: Makassar: FKIP Unismuh Makassar.
Shimada, S. (1997). The Open ended Approach: A new Proposal for Teching Mathematics. Virginia: NCTM
Slameto, 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Citra.
Sugiarto, Teguh & Eny Ismawanti. 2008. Ilmu pengetahuan Alam kelas SMP/MTS. Jakarta: Pusat pembukuan, DPN
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i1.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.