Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Hikmah Makassar

Nining Anita

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 46 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68,48. Sedang pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 73,55. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan metode pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Makassar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar fisika, dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Kata kunci: Hasil Belajar, Cooperative Script.

This research is a class action (classroom action research), which aims to determine whether the Script Cooperative learning methods to improve learning outcomes physics class VIII SMP Darul Hikmah Makassar. The subjects were students of class VIII SMP Darul Hikmah Makassar in the second semester of the school year 2013/2014 the number of students 46 people. This research was conducted as many as two cycles, data collection is done by using test results of study and observation. Learning outcomes data were analyzed using quantitative analysis and data analyzed by the observation of qualitative analysis. The results showed that the average value of students in the first cycle of 68.48. Meanwhile in the second cycle obtained by the average value of 73.55 students. This represents an increase learning outcomes physics. From these results it can be concluded that the applied learning methods Cooperative Script in class VIII SMP Darul Hikmah Makassar in the learning process, then the results of studying physics, and student activity can be increased.

Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Script.


Full Text:

PDF

References


Aliyah. 2006. Cooperative Script. Makassar: UNM

Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Djasim,Rahman. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Makassar : Unismuh

Dansereau cs. 1985. Cooperative Script.

Daspirin. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas VII SMP Negari 1 Cigalontang

Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumah, Wijaya. Dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta : PT Indeks

http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/21/model-pembelajaran-cooperative-script/. Di akses : 29/06/2013

http://ijahnurhadijah.blogspot.com/2013/03/model-pembelajaran-cooperative-script.html. di akses : 29/06/2013

Mustajab. 2012. Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIII A SMP 2 Karanggayam.

Nurhidayah. 2012. Metode Cooperative Script. Makassar : Unismuh

Sagala, syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus.2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syamsuri, A. Sukri, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar

Uno. B, Hamzah. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan P.A.I.L.K.E.M. Jakarta: PT Bumi Aksara

Warouw W.M. Zusje. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dengan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Manado.

Yamin.2008. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i1.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.