PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Nurlina Nurlina

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode scramble untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebelum dan setelah diterapkan metode scramble, dan (2) mendeskripsikan apakah motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan metode scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar berjumlah 9 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design. Prosedur penelitian melalui tiga tahap dengan tahapan; (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar setelah diterapkan metode scramble dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 93 (71,53%) dengan skor terendah 75 (57,69%) dalam kategori tinggi, dan pada saat post-test diperoleh skor maksimal perolehan siswa 116 (89,23%) dengan skor terendah 82 (63,08%) dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan menerapkan metode scramble mengalami peningkatan.

Kata Kunci: pra-eksperimen, Scramble, Motivasi Belajar

The main problem in this research is how to apply the methods scramble to increase motivation to learn physics class X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. This study aims to: (1) describe the motivation to learn physics class X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar before and after the applied methods scramble, and (2) to describe whether the motivation to learn physics class X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar increased after being taught with methods scramble. This research is a pre-experimental study with a sample of the study population are students of class X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar amounted to 9 students. The study design used is Pre-test and Post-test Group Design. Research procedures through three stages with the stages; (1) preparation, (2) the implementation phase, and (3) the final stage. The results showed that there is increased motivation to learn physics class X SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar after a scramble method applied to pre-test results obtained the maximum score students' acquisition of 93 (71.53%) with the lowest score of 75 (57.69%) in the category high, and when the post-test obtained the maximum score acquisition of 116 students (89.23%) with the lowest score of 82 (63.08%) in the very high category. Based on the results of this study concluded that the motivation to learn Physics Class X Unismuh Makassar Muhammadiyah 1 by applying scramble to increase.

Keywords: pre-experiment, Scramble, Motivation


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prodesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

M, Sadirman A. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Meltzer, David E. 2003. Jurnal Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gainsi. Departemen Of Physiscd and Astronomy., Lowa State University Ames, Lowa 5001.

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizal, Muhammad ._____. Modul Panduan. PH. Kartika FC.

Sugiharti, Piping. 2011. Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Penabur - No.16/Tahun ke-10/Juni 2011

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Yesinta. 2010. Integrasi Scramble Dalam Pembelajaan Ulang Meremediasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Matero Hukum Newton. Jurnal Pendidikan. Program Studi Pendidikan Fisika Untan.

Yusirisa. 2011. Metode Scramble. (online)

http://yusiriza.wordpress.com/2011/07/20/model-pembelajaran kooperatif-tipe-scramble/Diakses pada tanggal 8 Juni 2013.

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.