UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NASIONAL MAKASSAR
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar Fisika pada siswa kelas XTKJ SMK Nasional Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas XTKJ SMK Nasional Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XTKJ SMK Nasional Makassar semester ganjil Tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 34 orang peserta didik yang terdiri dari 26 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 34 orang peserta didik hanya 21 orang peserta didik atau 61,76% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sedang. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 66,18. Sedangkan pada siklus II dimana dari 34 orang peserta didik terdapat 24 orang peserta didik atau 70,59% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 71,03 atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar Fisika siswa kelas XTKJ SMK Nasional Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mengalami peningkatan.
Keywords: Hasil belajar fisika, kooperatif, make a match
The main problem in this research is how to implement cooperative learning model make a match to improve learning outcomes in grade XTKJ Physics National Vocational Makassar. This study aims to improve learning outcomes Physics with cooperative learning model make a match at the National Vocational XTKJ grade students Makassar. This research is a classroom action research (Class Action Reaserch) consisting of two cycles in which the first cycle of meetings held four times and the second cycle executed as many as five meetings. Research procedure includes planning, implementation, observation and reflection. Subjects in this study were students XTKJ National Vocational Makassar semester of 2013/2014 academic year as many as 34 students consisting of 26 students male and 8 female learners. The results showed that in the first cycle were completed individually from 34 students only 21 students or 61.76%, which meets the minimum completeness criteria (KKM) or middle category. Classically has not been met because the average value obtained for 66.18. While on the second cycle in which of the 34 students there are 24 people or 70.59% of learners have met KKM and classically been met and that the average value obtained for 71.03 or are in a high category. Based on these results above, it can be concluded that the results of learning physics class students XTKJ National Vocational Makassar through the implementation of cooperative learning model make a match increased.
Keywords: physics learning outcomes, cooperative, make a match
Full Text:
PDFReferences
Astika. 2012. Evektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal, (Online), Vol. 2, No.1, (http://www.semarang.ac.id.html.). Diakses 17 Mei 2013.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Aprudin. 2012. Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match, (http://007indien.blogspot.com/2012/10/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match.html.).Diakses 17 Mei 2013.
Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Isjoni. 2012. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahyubi. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jawa Barat: Referens
Rusman. 2012. Modol-model Pembelajaran Mengembangkan Frofesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.