PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA TRIDHARMA MKGR MAKASSAR

Nurwati Nurwati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain post test group yang bertujuan untuk (1) mengetahui hasil  belajar  fisika siswa Kelas X SMA Tridarma Masyarakat Kerja Gotong Royong (MKGR)  Makassar  setelah diterapkan  model pembelajaran time token.(2)  mengetahui pencapaian hasil belajar  fisika Siswa kelas X SMA Tridarma Masyarakat Kerja Gotong Royong (MKGR)  Makassar setelah diajar dengan model pembelajaran time token telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal(KKM) secara klasikal. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar sebanyak 30 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar sebanyak 30 orang juga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 21 item dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis deskriptif hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA TRIDHARMA MKGR MAKASSAR setelah diajar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran time token diperoleh skor tertinggi 20, skor terendah 10, skor rata-rata 16,9, nilai rata-rata 76,19 dan standar deviasi 6,27. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar Tahun Ajaran 2013 sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 65 setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran time token.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Time Token, Hasil Belajar

This research is a pre-experimental design with post test group that aims to (1) determine learning outcomes of students' physics class X SMA Tridarma Community Work Mutual-Help (MKGR) Makassar after applied learning model time token. (2) determine the achievement of learning outcomes Physics Students class X SMA Tridarma Working Society of Mutual-Help (MKGR) Makassar after being taught by learning model time token has reached the maximum completeness criteria (KKM) in the classical style. Subjects in this study population was the whole class X SMA Tridharma MKGR Makassar 30 people while the sample in this study is a class X SMA Tridharma MKGR Makassar as many as 30 people as well. The data collection technique used is the achievement test consisting of 21 multiple choice items that have been validated by two people validator. Data were analyzed using descriptive analysis techniques. From the results of the descriptive analysis of learning outcomes Physics class X SMA Tridharma MKGR MAKASSAR after being taught by using learning model application time tokens earned the highest score of 20, the lowest score 10, the average score of 16.9, an average value of 76.19 and a standard deviation 6.27. The results of inferential analysis showed that the results of learning physics class X SMA Tridharma MKGR Makassar Academic Year 2013 has reached the minimum completeness criteria of 65 after being taught through the application of learning models time token.

Keywords: Learning Model, Time Token, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1990. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arends. 1997. Clasroom Instruction and Management: The Mc Graw Hill companies Inc

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Astuti D., Siti Irene. 2003. Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta, 2007

Bulu, Batjo. 1993. Mendalami dan Menganalisa Materi Pengajaran, Membuat dan Menerapkan LKS. Digandakan Khusus Untuk Pertemuan Berkala MGMP

Fatmawati, Ari dan Eko Hariyono. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMA Khadijah Surabaya Pada Materi Pokok Fisika Fluida Statik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika: FMIPA, UNESA

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan PPLPTK

Jenkins, Richard. 1992. Pierre Bourdieau Routledge. Terjemahan oleh Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Mulyasa, E., 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung, Remaja Rosdakarya,

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, Hadari H,. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nanang & Cucu. 2009. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Pollio, H.R. 1984. “What Students Think About and Do in College Lecture Classes” dalam Teaching-Learning Issues No. 53, Knoxville, Learning Research Centre. University of Tennesse,

Rusefendi, dkk. 1982. Media Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: pustaka pelajar

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press

Walgito, Bimo. 1997. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset.

(http://www.vilila.com/2010/03/bab-1-konsep-dasar pembelajaran.html#ixzz2Ea3PbS83) diakses 10 mei 2013




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.