UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIIa SMP NEGERI 1 SINJAI SELATAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIIa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan yang berjumlah 33 peserta didik terdiri atas 19 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 62,50 dengan standar deviasi 11,26 atau berada pada kategori rendah dan harus dilanjutkan pada siklus II untuk melihat perlakuan ini lebih lanjut. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 68,13 dengan standar deviasi 8,03 atau berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VIIa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Kata Kunci: hasil belajar fisika, tipe talking stick, kuantitatif, dan kualitatif
This research is a class action (classroom action research) that aims to improve learning outcomes VIIa grade physics students SMP Negeri 1 South Sinjai which totaled 33 students consisting of 19 men and 14 women. This study was conducted in two cycles consists of four main components, namely: 1). Planning, 2). Action, 3). Observation, and 4). Reflection. To collect data on the study of students learning to use the test results in the form of multiple choice and for data enhancement active learners in the classroom to use the observation sheet. The acquired data was analyzed using quantitative and qualitative analysis. The results showed in the first cycle the average score of the study of students at 62.50 with a standard deviation of 11.26 or lower in the category and should be continued in the second cycle to see further treatment. In the second cycle the average score of the study of students at 68.13 with a standard deviation of 8.03 or at the high category. It can be concluded that the results of learning physics VIIa grade students of SMP Negeri 1 South Sinjai can be enhanced through cooperative learning talking stick.
Keywords: physics learning outcomes, the type of talking stick, quantitative, and qualitative
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayip7miftah. 2011. Kemampuan Kognitif Menurut Revisi Taksonomi Bloom. (online) (http://ayip7miftah.wordpress.com/2011/12/06/kemampuan-kognitif-menurut-revisi-taksonomi-bloom/,di akses pada tanggal 22 Juni 2013).
Hamsir, Jaelani. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Talking Stick. (online) (http://hamsirjaelani.blogspot.com/2011/10/meningkatkan-hasil-belajar-ips-melalui model talking Stick.html/,di akses tanggal 18 juni 2013).
Khaeruddin, dkk. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan KBK. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Mohamad, Nurdin, dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnamasari, Lia. 2006. Skripsi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas Xtkj 1 Smk Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Makassar: UNISMUH.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Slameto,1987. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwandi. 2008. Skripsi.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas Xi Ipa1 Sma Negeri 1 Parangloe. Makassar: UNISMUH.
Yennita, dkk. 2010. Motivasi Belajar Fisika Siswa Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Melalui Penerapan Model Talking Stick. Jurnal Geliga Sains 4 (1), 8-11,2010. (http://journal.unnes.ac.id,diakses 14 Mei 2013).
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.