PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI SRTATEGI PEMBELAJARAN BAKULIKAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII1 SMP NEGERI 3 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

Andi Yusnawati

Abstract


Penelitian berjudul Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Strategi Pembelajaran Bakulikan Pada Peserta Didik kelas VIII1. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini adalah penelitiam tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan Strategi Bakulikan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII1 SMP negeri 3 Binamu kabupaten Jeneponto sebanyak 25 orang peserta didik yang terdiri 15 perempuan dan 10 laki–laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes siklus I dan siklus II, lembar observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan mengunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata peserta didik pada siklus I sebesar 61,92 dan berada pada kategori sedang, dengan standar deviasi 12,92 sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata–rata sebesar 73,60 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 10,77. Hal ini menunjukkan bahwa  hasil belajar peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65,00 dimana pada siklus I dari 25 orang peserta didik terdapat 10 orang atau 40% yang tuntas dan terdapat 15 orang peserta didik atau 60% yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II dari 25 orang peserta didik terdapat 21 orang atau 84% yang tuntas dan terdapat 4 orang atau 16% yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII1 SMP negeri 3 Binamu kabupaten Jeneponto dengan menggunakan Strategi bakulikan Mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bakulikan, Peserta Didik

The study titled Improved Learning Outcomes Physics through Learning Strategies Students Bakulikan In VIII1 class. Essay. Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Makassar. This study is penelitiam class action (Classroom Action Research). The research aims to improve learning outcomes by using Strategy Bakulikan physics. The subjects were students VIII1 junior high school class 3 district Binamu Jeneponto learners of 25 people consisting of 15 women and 10 men. Data collection was performed by using the test cycle I and cycle II, observation sheet. The data collected were analyzed using descriptive statistical analysis techniques. The results showed that the average value of students in the first cycle of 61.92 and a middle category, with a standard deviation of 12.92, while in the second cycle values obtained an average of 73.60 at high category with a standard deviation of 10 , 77. This shows that the study of students have met the minimum completeness criteria (KKM) set the school is 65.00 where the first cycle of 25 students there are 10 people or 40% complete and there are 15 people or 60% of learners who uncompleted. While on the second cycle of 25 students there are 21 people or 84% complete and there are 4 people or 16% incomplete. Based on the research above, we can conclude physics learning outcomes learners VIII1 junior high school class 3 district Binamu Jeneponto using bakulikan Strategy Experiencing an increase.

Keywords: Learning Outcomes, Learning Bakulikan, Students


Full Text:

PDF

References


Arianti. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengajaran Langsung dengan Asesmen Kinerja pada Siswa Kelas X (Jurusan APKJ 2) SMK Negeri 4 Jeneponto. Skripsi Unismuh.

Budisma. 2013. Macam-macam sikap ilmiah seorang peneliti. http://budisma.web.id/materi/sma/kelas-x/biologi/macam-macam/sikap-ilmiah-seoarng-peneliti/

Fadillah. 2012. Penerapan Metode Fun learning Dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Binamu Kabupaten Jeneponto. Skripsi Unismuh.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo

M. Tahir. 2009. Peningkatan hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Mandai Melalui Penerapan Model Pembelajaran quantum Learning. Skripsi UNM.

Rakhmat, Djalaluddin. 2005. Belajar Cerdas. MLC. Bandung.

(http://olopdee.blogspot.com/2011/02/penerapan-model-contextual teaching-and.html). Diakses tanggal 1 Juni 2013.

Shofiah, N.A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Bakulikan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersikap Ilmiah Pada Konsep Pemantulan Cahaya Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5 : (26-30)

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.