PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Ana Dhiqfaini Sultan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menentukan bagaimana pelaksanaan pembelajaran perangkat di aplications dari model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan penemuan terbimbing, (2) untuk menilai kemampuan siswa dalam proses ilmiah dan konsep comprehensions mereka di aplications dari model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan dipandu penemuan, (3) untuk mengetahui apakah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses sains. Penelitian ini dikategorikan sebagai desain eksperimen pra. Desain studi satu kelompok desain pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 3 Sinjai. Data diperoleh melalui bentuk penilaian keterampilan dalam proses ilmiah dan uji pemahaman konsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perangkat observasi pada pelaksanaan perangkat pembelajaran, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan perangkat pembelajaran telah berarti dari M = 1,77 yang menunjukkan bahwa semua aspek dan kriteria sepenuhnya dilaksanakan. Model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan penemuan terbimbing dapat menghangatkan keterampilan siswa dalam proses sains, itu mencapai 42,89%. Dari analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata dari memahami konsep siswa mencapai skor 71 termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat belajar siswa ketuntasan mencapai 78,26% (KKM = 65).

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Penemuan Terbimbing, Keterampilan Proses Sains.

The purpose of this study were : (1) to determine how the implementation of learning device in the aplications of the cooperative learning model with guided discovery approach, (2) to assess students’ skills in scientific process and their comprehensions concept in the aplications of the cooperative learning model with guided discovery approach, (3) to know whether through the implementations of cooperative learning model with guided discovery approach can increase students’ skills in science process. This study categorized as pre experimental design. The design of the study one group pretest-postest design. The subject in this study is the class X of SMA Negeri 3 Sinjai. The data were obtained through the assessment form of skills in science process and comprehension concep test. The result showed that the based on the data observation device on the implementation of learning device, it can be argued that the implementation of learning device has mean of M = 1,77 which showed that all the aspects and criteria was fully implemented. Cooperative learning model with guided discovery approach can increas students’ skill in science process, it reach 42,89%. From the analysis of data obtained that the mean score of comprehending the concept of student achieve a score of 71 is included in the high category by the level of students learning exhaustiveness achieve 78,26 % (KKM = 65).

Key Word: Cooperative Learning, Guided Discovery, Students’ Skills in Science Proses




Full Text:

PDF

References


Amir Daud. 2007. Model-Model Pembelajaran: Bahan Ajar Diklat LPMP Sul-Sel, Makassar: LPMP Sul-Sel.

Ardat. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teori Gagne dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 10 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar : Fisika, PPs UNM

Ardian Marnasusanti, 2007. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 5 Tegal Kelas XI IPA dalam Sub Pokok Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum. Online (diakses : 27 Januari 2011) ; http://www.docstoc.com/?doc_id=22289367&download=1

Arikunto S, 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Hake , Richard R.1999. Analyzing Change/Gain Scores. Online (diakses : 10 Desember 2010); http://list.asu.edu

Haryono, 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Online (diakses : 10 Desember 2010) ; http://www.google.co.id/url?q=http://www.unesa.ac.id/bank/jurnal

/Model_Pembelajaran_Berbasis_Peningkatan_Ketrampilan_Proses_Sains.

Khaeruddin dan Eko Hadi Sudjiono, 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan KBK, Makassar: Badan Penerbit UNM.

Markaban, 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika

Marthen Kanginan, 2007. Fisika untuk SMA Kelas X Semester 2. Jakarta : Erlangga.

Nasution S, 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya : PPs UNESA.

Nurlina, 2009. Pengembangan Perangkat Activity-Based Assessment Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Eksperimen. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar : Fisika, PPs UNM.

Said M, 2009. Pengembangan Model Perangkat Pemebelajaran Fisika Melalui Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar : Fisika, PPs UNM.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Supiyanto, 2007. Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta : Phibeta.

Tim LPMP. 2004. Model-Model Pembelajaran : Bahan Sosialisasi Model-Model Pembelajaran LPMPSul-Sel, Makassar : LPMP Sul-Sel

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (CTL) di Kelas. Jakarta : Cerdas Pustaka Publisher.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Tri Hastuti, Singgih dan Yoko Rimi, 2008. Pembelajaran Keterampilan Proses, Inquiri, dan Discovery Learning. Online (diakses : 10 Desember 2010) ; http://umifatmawati.blog.uns.ac.id/2009/07/17/8/.

Wetzel, R. David. 2008. Scientific Inguiry As A Process For Learning. Online (diakses : 27 Januari 2011); http://curriculalessons.suite101.com/article.cfm/

Yusup Subagyo, 2006. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pokok Bahasan Suhu dan Pemuaian. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang : Fisika, UNNES




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.