UPAYA MENINGKATKAN ACADEMIC SKILL TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIID SMP NASIONAL MAKASSAR

Afrillawati Ismi, Muhammad Arsyad, Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Upaya meningkatkan academic skill terhadap pembelajaran fisika  melalui kegiatan eksperimen pada siswa kelas VIID SMP Nasional makassar. Skripi. Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Muhammad Arsyad  dan pembimbing II  Khaeruddin. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan Academic Skill terhadap pembelajaran fisika siswa kelas VIID SMP Nasional Makassar melalui kegiatan eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Academic Skill siswa melalui kegiatan eksperimen pada siswa kelas VIID SMP Nasional Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Nasional Makassar yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,menganalisis data melalui hasil analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata academic skill siswa mulai pada pertemuan 1 sampai pada pertemuan ke 7 dengan jumlah siswa 37 orang, terlihat bahwa siswa memiliki tingkat academic skill tinggi sebesar 48,65%, Sedangkan pada siklus II skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat academic skill tinggi sebanyak 25 orang dan berada pada persentase 67,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa academic skill terhadap pembelajaran fisika siswa kelas VIID SMP Nasional Makassar dapat meningkat melalui metode eksperimen.

Kata kunci: Metode eksperimen, Academic skill, kualitatif dan   kuntitatif

Efforts to improve the academic skills to learning physics through experiments on VIID grade National Junior Makassar. Skripi. Department of Teacher Training and Education Faculty of Physics, University of Muhammadiyah Makassar science education. Muhammad Arsyad Supervisor I and II Khaeruddin mentors. The main issue in this study is how to improve the teaching of physics Academic Skill VIID grade National Junior Makassar through experimentation. This research is a classroom action research (Classroom Action Research) which aims to improve students' Academic Skill through experiments on VIID grade National Junior Makassar. The research subjects were students of the National Junior VIID Makassar, amounting to 37 people. This study was conducted in two cycles consisting of four components, namely: action planning, action, observation and reflection. Data was collected through observation, analyzing the data through quantitative and qualitative analysis. Results of this study showed that in the first cycle the average score on the academic skills of students began meeting at the meeting of 1 to 7, with the number of students to 37 people, it seems that students have a high level of academic skill of 48.65%, while the average score of the second cycle The average student who has a high level of academic skill and as many as 25 people were at the percentage of 67.57%. It can be concluded that the academic skills to learning physics grade National Junior VIID Makassar can be increased through the experimental method.

Keywords: experimental methods, Academic skills, qualitative and quantitative


Full Text:

PDF

References


Bahri.2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas XA SMA Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Skripsi tidak diterbitkan.Makassar : Universitas Negeri Makassar

Bahri,2006. Syaiful.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta

Ernawati.2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Kartika Wirabuana II Makassar.Skripsi tidak diterbitkan.Makassar : Universitas Negeri Makassar

Karim, Saiful dkk.2008. Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar VIII untuk kelas VIII/ SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Roestina NK.2012.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana,Nana.2011.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru Algensindo

Susiwi.2008.Kecakapan Hidup.(online) (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/ JUR._PEND._KIMIA/195109191980032-SUSIWI/SUSIWI 25%29._HANDOUT_LIFE,Diakses 12 Juli 2013).

Suyadi.2012.Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yokyakarta : Diva Press

Tiro,Arif.1999.Dasar-Dasar Statistika.Makassar: Andira Publisher Makassar

Pratiwi P, Rinie.2008. Contextual Learning Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VIII.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Warsito.2008. Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Usaha Meningkatkan Aktivitas dan Academic Skill Siswa kelas VIIC di SMP Muhammadiyah 3 Depok.Jurnal Pendidikan Fisika FM-UINSK-BM-05-07/RO

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto.2008.Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Zhaim,2012. Upaya Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa Melalui Metode Demonstrasi Dalam Proses Pembelajaran Fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Enrekang. Skripsi tidak diterbitkan.Makassar: : Universitas Muhammadiyah Makassar




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i3.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.