UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Erna Fitriani Pertiwi, Muh Tawil, Abd Haris

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa  kelas VIIIC SMP Negeri 33 Makassar  yang berjumlah 36 peserta didik  terdiri atas 19 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik  digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik  dalam kelas digunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa   sebesar  64,97 dengan persentase jumlah siswa  dalam kategori tinggi sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa  sebesar 75,69 dengan persentase jumlah siswa  dalam kategori tinggi sebesar 80,56%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok gaya dan penerapannya, energi dan perubahannya, serta pesawat sederhana siswa kelas VIIIC SMP Negeri 33 Makassar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange.

Kata Kunci: pembelajaran aktif, Group to Group Exchange, hasil belajar

This research is a classroom action research (classroom action research) that aims to improve student learning outcomes physics class Junior High School 33 Makassar VIIIC the 36 students consisting of 19 men and 17 women. This study was conducted in 2 cycle consists of four major components, namely: 1). Planning, 2). Implementation of the action, 3). Observations, and 4). Reflection. To collect data on learning outcomes of students learning to use the test results in the form of multiple choice and to increase the data active learners in the classroom to use the observation sheet. The results showed in the first cycle an average score of student learning outcomes at 64.97 with the percentage of students in the high category was 47.22%, while in the second cycle average score of student learning outcomes at 75.69 with the percentage of students in a category high of 80.56%. thus it can be concluded that the learning outcomes in basic physics and its application style, energy and change, as well as simple aircraft grade students of SMP Negeri 33 VIIIC Makassar can be enhanced through active learning model type Group to Group Exchange.

Keywords: active learning, Group to Group Exchange, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Colleta, V.P & Philips J. A. (2005). Interpreting FCI Scores: Normalized Gain Preinstruction Scores, and Scientific Reasoning Ability. Departement of Physics, Loyola Marymount University Los Angeles, California.

Ilyas, Wahyuni. 2011. Peranan Model Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Pengelolaan Meja Kursi Berbentuk Huruf ”U” Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA Smp Muhammadiyah 13 Makassar. Skripsi. UNISMUH

Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physic”. American Journal of Physics. 70 (7)

Maarif, Samsul. 2010. Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/04/29/ landasan-konsep-dan-alasan-pembelajaran-pakem.html (diakses 03 Agustus 2010).

Ramadhan, Tarmizi. 2008. Strategi Pembelajaran Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/07/20/membina-generasi-rabbani.html (diakses 03 Agustus 2010).

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2003

Silberman, M., 2009, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Insan madani.2009

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tiro, Arif. 1999. Dasar-dasar Statistika. Ujung Pandang: UNM

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.