UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 33 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 33 Makassar yang berjumlah 36 peserta didik terdiri atas 19 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan peserta didik dalam kelas digunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,97 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,69 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 80,56%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok gaya dan penerapannya, energi dan perubahannya, serta pesawat sederhana siswa kelas VIIIC SMP Negeri 33 Makassar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange.
Kata Kunci: pembelajaran aktif, Group to Group Exchange, hasil belajar
This research is a classroom action research (classroom action research) that aims to improve student learning outcomes physics class Junior High School 33 Makassar VIIIC the 36 students consisting of 19 men and 17 women. This study was conducted in 2 cycle consists of four major components, namely: 1). Planning, 2). Implementation of the action, 3). Observations, and 4). Reflection. To collect data on learning outcomes of students learning to use the test results in the form of multiple choice and to increase the data active learners in the classroom to use the observation sheet. The results showed in the first cycle an average score of student learning outcomes at 64.97 with the percentage of students in the high category was 47.22%, while in the second cycle average score of student learning outcomes at 75.69 with the percentage of students in a category high of 80.56%. thus it can be concluded that the learning outcomes in basic physics and its application style, energy and change, as well as simple aircraft grade students of SMP Negeri 33 VIIIC Makassar can be enhanced through active learning model type Group to Group Exchange.
Keywords: active learning, Group to Group Exchange, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Colleta, V.P & Philips J. A. (2005). Interpreting FCI Scores: Normalized Gain Preinstruction Scores, and Scientific Reasoning Ability. Departement of Physics, Loyola Marymount University Los Angeles, California.
Ilyas, Wahyuni. 2011. Peranan Model Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Pengelolaan Meja Kursi Berbentuk Huruf ”U” Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA Smp Muhammadiyah 13 Makassar. Skripsi. UNISMUH
Meltzer, D.E. (2002). “The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physic”. American Journal of Physics. 70 (7)
Maarif, Samsul. 2010. Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/04/29/ landasan-konsep-dan-alasan-pembelajaran-pakem.html (diakses 03 Agustus 2010).
Ramadhan, Tarmizi. 2008. Strategi Pembelajaran Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/07/20/membina-generasi-rabbani.html (diakses 03 Agustus 2010).
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2003
Silberman, M., 2009, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Insan madani.2009
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tiro, Arif. 1999. Dasar-dasar Statistika. Ujung Pandang: UNM
Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.