PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING KELAS VIIB SMPN 8 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dengan metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus pertama dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, dan pada siklus ke dua dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 8 Makassar sebanyak 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara klasikal dari 39 peserta didik hanya 25 peserta didik atau 64,10% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara individual belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 71,38. Sedangkan pada siklus II dimana dari 39 peserta didik terdapat 30 orang atau 76,92% telah memenuhi KKM dan secara klasikal dan secara individual dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 77,31. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 8 Makassar melalui penerapan metode penemuan terbimbing mengalami peningkatan.
Kata kunci: pemahaman konsep, penemuan terbimbing, kkm, klasikal, skor rata-rata
This study aims to improve understanding of physics concepts with guided discovery method in class students of SMP Negeri VIIB 8 Makassar. This research was classroom action research (action research), which consists of two cycles in which the first cycle meetings held three times, and the cycle to two meetings held four times. Subjects in this study were VIIB class students of SMP Negeri 8 Makassar as many as 39 people. The results showed that in the first cycle is completed in the classical style of 39 students only 25 or 64.10% of learners who meet the minimum completeness criteria (KKM). Individual has not met since the average value obtained was 71.38. While in the second cycle of 39 learners where there are 30 people or 76.92% in compliance and in the classical KKM and individually with an average score of 77.31 earned. Based on the above results, it can be concluded understanding of physics concepts VIIB class students of SMP Negeri 8 Makassar through the application of guided discovery methods have increased.
Keywords: understanding concepts, guided discovery, KKM, classical, average scores
Full Text:
PDFReferences
Arikunto.2005.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta
Dahar, Ratna Wilis.2006.teori-teori Belajar & Pembelajaran.Bandung:Erlangga
Derti,Nurhidayanti.2011.Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VII-E SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA Melalui Metode Penemuan Terbimbing.Makassar:UNISMUH
Hasnani.2011.Skripsi Peranan Metode Resitasi dengan Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Makassar: UNM
Khaeruddin dan Erwin Akib.2009.Metodologi Penelitian.CV. Berkah Utami: Makassar
Progresif,Aam.2011.Metode Penemuan Terbimbing http//id.shvoong.com/social
sciences/education/2113717 metode pembelajaran penemuan terbimbing/
#ixzz1tyC3Mcvm(diakses 15 Mei 2012)
Putra,Irwansyah.2011.Laporan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) SMP PGRI Sungguminasa.Makassar:UNISMUH
Ramli,Kamrianti.2011.http//www.wordpress.com
Roestiyah.2008.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta
Sagala,Syaiful.2003.Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta
Tiro, Arif.1999.Dasar-Dasar Statistika.Ujung Pandang:UNM
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.