MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Hernawati Rasyid, Abd Haris, Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student  Teams  Achievement  Divisions). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.c SMP Negeri 3 Marbo kabupaten Takalar sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 18 perempuan dan 14 laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes siklus I dan siklus II, lembar observasi, instrument penelitian dibuat oleh penulis. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 63,68 dan berada pada kategori tinggi, dengan standar deviasi 17,09 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 73,37 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 11,49. Hal ini menunjukkan bahwa telah tercapai hasil belajar siswa berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65,00, dimana pada siklus I dari 32 orang siswa terdapat 18 orang atau 56,25% yang tuntas belajarnya dan terdapat 14 orang siswa atau43,75% yang tidak tuntas belajarnya. Sedangkan pada siklus II dari 32 siswa terdapat 30 orang atau 93,75% yang tuntas belajarnya dan terdapat 2 orang atau 6,25% yang tidak tuntas belajarnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student  Teams  Achievement  Divisions)  pada siswa kelas VIII.C SMP Negeri 3 Marbo kabupaten Takalar, maka hasil belajar Fisika siswa dapat meningkat.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD,Hasil Belajar Fisika

This research is a classroom action research (Classroom Action Research) carried out during two cycles, this study aims to improve the learning outcomes of physics through cooperative learning model type STAD (Student Teams Achievement Divisions). The research subjects were students of SMP Negeri 3 Marbo VIII.c district students Takalar 32 people consisting of 18 women and 14 men. Data collection was performed using a test cycle I and cycle II, observation sheets, research instrument made by the author. The data collected were analyzed using descriptive statistical analysis techniques. The results showed that the average scores of students in the first cycle of 63.68 and at the high category, with a standard deviation of 17.09, while in the second cycle obtained an average score of 73.37 at the high category with a standard deviation of 11, 49. This suggests that student learning outcomes have been achieved by a minimum completeness criteria (KKM) is 65.00 school set, where the first cycle of 32 students, there are 18 people or 56.25% who completed the study and there were 14 students atau43, 75% who did not complete her studies. While in the second cycle of 32 students there are 30 people or 93.75% were complete learning and there are 2 people or 6.25% of incomplete learning. From these results it can be concluded that with the implementation of cooperative learning with the learning model Type STAD (Student Teams Achievement Divisions) on VIII.C grade students of SMP Negeri 3 Marbo Takalar district, the student's learning outcomes can be improved.

Keywords: Type STAD cooperative, Physics Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Arif Tiro, Muhammad. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika Kontemporer. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan pembelajaran. Makassar: UNM.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Malang: UNESA UNIVERSITY PRESS.

Ikran. 2009. Optimalisasi Penerapan Rumus-Rumus Fisika Melalui Pembelajaran Langsung Siswa Kelas X.4 SMAN 5 Makassar. Makassar: Skripsi UNM.

Jabar, Muhammad, 2007. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Realistik dengan Setting Kooperatif Siswa Kelas IV SDN. Lambatorang Kec. Bantimurung. Skripsi Makassar: FMIPA UNM Makassar.

Johnson, d.W.,& Johnson, R.T (1991). Learrning together and alone : Cooperative, Competitive, and individualistic learning ( 3rd Ed.). Upper Saddle river NJ: Prentice-Hall.

Nur, Muhammad & Wakardari, Prima Retno.2000. Pengajaran Berpusat Pada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.Surabaya : Pusat Sains Dan Fisika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Sardiman. 1989. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.