ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM PRAKTEK LAPANGAN II MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA STKIP KIE RAHA TERNATE
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian survey yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. dimana data yang diinginkan adalah kemampuan mahasiswa PPL dalam melaksanakan kegiatan baik dikelas, maupun dilingkungan sekolah. Data tersebut adalah: kemampuan mahasiswa peserta program praktek lapangan II program studi pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate dalam (i) merencanakan pembelajaran di kelas dan (ii) melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan data penelitian diperoleh dari panitia PPL II STKIP Kie Raha Ternate tahun 2013, guru pamong, pembimbing PPL, mahasiswa PPL II program studi pendidikan Fisika dan peserta didik pada sekolah tempat mahasiswa melaksanakan PPL II. Fokus dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPL II Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate tahun 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi, lembar pengamatan angket, pedoman Focus Group Discassion (FGD), dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kemampuan mahasiswa PPL II program studi pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate dalam: (1) membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) secara rata-rata baik, tetapi ada bagian tertentu yang cukup baik,(2) melaksanakan kegiatan pembelajaran, baik itu kegiatan awal pembelajaran yang meliputi kegiatan apersepsi dan pemberian motivasi, kegiatan inti yang meliputi, penyampaian materi, pemanfaatan metode pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang meliputi pemanfaatan variasi media pembelajaran, bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan peserta didik, penguasaan materi, evaluasi yang dilaksanakan, dan kegiatan akhir yang meliputi penyajian kesimpulan materi, dan pemberian tugas memerlukan penguatan dan latihan.
Kata kunci: Kemampuan Membuat RPP, dan Melaksanakan Pembelajaran.
This research survey is qualitative and quantitative. where the desired data is the ability to perform activities of PPL student both in class, and the school environment. The data are: the ability of students participating in the program II fieldwork education courses Physics STKIP Kie Raha Ternate in (i) plan learning in class and (ii) implement the learning in the classroom. This study uses a survey approach and the data obtained from the research committee of PPL II STKIP Kie Raha Ternate in 2013, teacher tutors, mentors PPL, PPL student II Physics education courses and learners in schools where students carry PPL II. The focus of this research is the student PPL II Physics Education Study Program STKIP Kie Raha Ternate in 2013. The instrument used in this study was the observation sheet, observation sheets questionnaires, guidelines Discassion Focus Group Discussion (FGD), and documentation. Data were analyzed with descriptive analysis of quantitative and qualitative. The analysis showed that the ability of students PPL II Physical education courses STKIP Kie Raha Ternate in: (1) create a Learning Program Plan (RPP) is a good average, but there are certain parts which is quite good, (2) implementing learning activities, both the initial activities include learning and motivation apersepsi activities, which include the core activities, the delivery of content, the use of learning methods, including the use of instructional media utilization of instructional media variations, assistance to students with learning difficulties, the answer to the question posed learners , mastery of the material, the evaluation conducted, and weekend activities that include the presentation of the material conclusions, and administration tasks require reinforcement and practice.
Keywords: Ability to Make Draft, and Implement Learning.
Full Text:
PDFReferences
Alma H. Buchari, dkk. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Amsberg J. V. et al. 2011. Mentransformasi Tenaga Pendidikan Indonesia Volume I: Ringkasan Eksekutif. Jakarta: The World Bank
--------------- 2011. Guru dan Kebijakan Pendidikan Transformatif di Indonesia, Edisi 2. Jakarta: The World Bank
Anderson L. W et al. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dahar R. W. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Erlangga
Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, Yogyakarta: Mitra cendekia.
Hergenhahn B. R. dan Olson H. Matthew. 2010. Theories of Learning (Teori Belajar) edisi ke-7. Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Hopkins David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas edisi ke-4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniasih Imas. 2012. Bukan Guru Biasa Panduan Praktis dan Lengkap Menjadi Guru Idaman. Jakarta. Arta Pustaka
Miles B, N. & Huberman A.M. (1984). Qualitative Data Analysis. Beverly hills: Sage Publications. Lnc.
Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Wajib Bagi Pendidik. Yogyakarta. Shira Media
Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan ke-4. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sagala Syaiful. 2012 Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta
Salam, Sofyan dkk. 2010. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertase. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berarientasi Standar Proses Pendidikan, edisi ke-9. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slavin Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi edisi ke-8 jilid 1. Jakarta: Indeks
Soekirman dkk 2008. Panduan Pemantapan Praktik Lapangan. Jakarta : Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods) Bandung Alfabeta
Sukmadinata N. S. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah Muhibin. 2010. Psikologi Belajar, Cetakan ke-10. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Tawil Muhammad. 2011. Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio Disertai Dengan Asesmen. Makassar. Badan Penerbit UNM
Time Penyusun Borang. 2011. Borang Program Studi Pendidikan Fisika 2011. Ternate: STKIP Kie Raha Ternate
Yusuf I. Awaluddin, Memahami Focus Group Discussion (FGD), 2011. (http://bincangmedia.wordpress.com. Diakses 18 Nopember 2012)
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.