PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP BATARA GOWA
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk ;(1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas Kelas IX SMP Batara Gowa tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. (2). Mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas IX yang diajar secara konvensional.(3). Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika secara signifikan antara siswa kelas IX yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Square dan yang diajar secara konvensional.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IX SMP Batara Gowa Tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 240 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa Kelas IX SMP 3dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang diajar dengan menggunakan pendekatan academic skill dengan rata-rata populasi 11-13 berada pada kategori kurang.Sedangkan rata-rata hasil belajar fisika siswa Kelas IX SMP Batara Gowa yang diajar secara konvensional dengan rata-rata populasi 9.15.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasih belajar fisika siswa Kelas IX SMP Batara Gowa Tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Square dan yang diajar secara konvensional.
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Square, eksperimen fisika, hasil belajar
This experimental study aimed to: (1) Knowing how much student learning outcomes physics class IX Class Batara Gowa junior academic year 2011/2012 is taught using Cooperative Model Type of Think-Pair-Square. (2). Knowing the results of learning physics class IX student who taught conventionally. (3). Determine whether there is difference in learning outcomes significantly between physics class IX students are taught using Cooperative Model Type of Think-Pair-Square and are taught by konvensional.Populasi study was all students in Class IX SMP Batara Gowa academic year 2011/2012 consisting of 240 people. While the sample is a Class IX student 3 junior high student numbers as many as 32 people. Descriptive analysis showed that the average learning outcomes physics class X SMA Negeri 9 Makassar who taught academic skills with an approach with an average population of 11-13 in the category kurang.Sedangkan average physics student learning outcomes Class IX SMP Batara Gowa who taught conventionally with an average population 9.15.Hasil inferential analysis shows that there are significant differences between the student has yet to learn physics Class IX SMP Batara Gowa academic year 2011/2012 is taught using Cooperative Model type of Think-Pair-Square and the conventionally taught.
Keywords: Cooperative Model Type Think-Pair-Square, experimental physics, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.
Khaeruddin, Erwin. 2006. Metodologi Penelitian. Makassar : CV. Berkah Utami.
Khaeruddin, dkk . 2011. Jurnal Mipa dan Pembelajaran. Makassar :
UNM
Lie, Anita. 2007. Teknik Think- Pair-Square. Jakarta : Rineka cipta.
Roestiyah ,N.K.2008.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka
Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tim Asa Mandiri. 2006. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i2.193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.