MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBERIAN KUIS PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 9 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X.1 SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 41 siswa terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan siswa dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 49.37 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 9.76% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65.24 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 63.41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan pengukuran dan gerak lurus siswa kelas X.1 SMA Negeri 9 Makassar dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pemberian kuis pada awal pembelajaran.
Kata kunci: Hasil belajar, pemberian kuis, penilaian
This study is an action research (classroom action research) that aims to enhance students' learning outcomes physics class 9 X.1 SMA Makassar totaling 41 students consisted of 13 male students and 28 female students. This study was conducted in 2 cycle consists of four major components, namely: 1). Planning, 2). Implementation of the action, 3). Observations, and 4). Reflection. To collect data on student learning outcomes achievement test used in the form of multiple-choice and for data increase student activity sheets to use in classroom observation. Furthermore, the data were analyzed by using quantitative analysis and qualitative analysis. The results showed in the first cycle an average score of student learning outcomes at 49.37 with the percentage of students in the high category by 9.76%, while in the second cycle an average score of student learning outcomes at 65.24 with the percentage of students in the high category at 63.41%. It can be concluded that the study of physics on the subject of measurement and motion straight SMA X.1 grade 9 Makassar can be improved by using the method of giving quizzes at the beginning of learning.
Keywords: learning outcomes, giving quizzes, assessments
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Badudu. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Depdikbud. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarata: Direktorat pendidikan Lanjutan Pertama.
Dimyati dan mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Djabbar, Asriyani. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pemberian kuis setiap awal pembelajaran pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sungguminasa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. 200. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Riandi, Seven. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Fsika Siswa kelas XI IPA3 SMA negeri 3 Makassar Melalui Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran. Skripsi. Universitas negeri Makassar.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suciati dan Irawan Prasetya. 2001. Teori Belajar Dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sumarni. 2006. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Skripsi. FMIPA UNM.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.