PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKAPADA SISWA KELAS XI IPA1 ¬ SMA NEGERI 1 DUAPITUE SIDRAP

Elisanta Wennang

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Duapitue Sidrap pada tahun pelajaran 2009/2010.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI1 IPA SMAN 1 Duapitue Sidrap dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Dari hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan peningkatan dari tiap siklus, yaitu: (1) aktivitas siswa, dengan skor rata-rata 93,77 pada siklus I dan 115,48 pada siklus II, (2) aktivitas guru, dengan skor rata-rata 24,47 pada siklus I dan 28,29 pada siklus II, (3) minat belajar siswa, pada siklus I diperoleh 81,82% dan pada siklus II diperoleh 100,00% yang menyatakan berminat   (4) perasaan siswa belajar,  pada siklus I diperoleh 68,18% dan pada siklus II diperoleh 93,18% yang menyatakan senang terhadap materi pelajaran fisika, (5) hasil belajar siswa, dengan skor rata-rata 70,13 dengan tingkat ketuntasan klasikal 63,64% pada siklus I dan pada siklus II dengan skor rata-rata 77,08 dengan tingkat ketuntasan klasikal 86,36%.Dari hasil penelitian tersebut dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Media Komputer meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi momentum dan impuls serta materi usaha dan energi pada siswa kelas XI SMA dan sederajat.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Kooperatif tipe STAD, Minat belajar, Hasil belajar, Media komputer

This study is a classroom action research on students class XI IPA1 SMAN 1 Duapitue Sidrap in 2009/2010 school year. The subject of this study was students class XI IPA1 SMAN 1 Duapitue Sidrap with the number  of students as many as 44 popple. From the results of data analysis showed an increase on each cycle, namely: (1) student activities, with an average score of 93.77 in the first cycle and 115.48 on the second cycle, (2) the activities of teachers, with an average score 24.47 in the first cycle and 28.29 on the second cycle, (3) student learning interest, on the first cycle is 81.82% and on the second cycle 100.00% expressed their interest, (4) feelings of student learning, in cycle I obtained 68.18% and 93.18% obtained in the second cycle which stated enjoyment toward th physics subject, (5) student learning outcomes, with an average score of 70.13 wiith 63.64% level of classical thoroughness in the first cycle and on the second cycle with an average score 77.08 with 86.36% level of classical thoroughness.Form the results of this study is argued that the type STAD cooperative learning-based Media Computers increase the interest and student learning outcomes, especially in the matter of momentum and impulse as well as energy to high school students class XI and equal.

Keywords: Cooperative Learning, Cooperative type STAD, Interest in learning, learning outcomes, Media Computer


Full Text:

PDF

References


AbdulWahid. 1998. Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak. ” dalam Chabib Toha (eds), PBMPAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alessi, S. M. & Trollip, S. R. 1985.Computer-Based Instruction: Methods and Development. New Jersey: Prentice-Hall.

Anonim. 2007. “Kepuasan Kerja”. Online (http:google.com/kepuasan kerja.html) Diakses 20 Agustus 2009.

Cooper, J. L., P. Robinson, dan M. McKinney. 2002.Cooperative Learning in theClassroom. (http://www.csudh.edu/SOE/cl_network/WhatisCL. html.) Diakses 23 Maret 2009.

Criswell, E. L. 1989. The Design of Computer Based Instruction. New York: Macmillan Publishing Company.

Fathurrohman, P. dkk. 2007. “Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum & konsep Islam”). Bandung: Refika Aditama

Hamzah B. Uno.2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara

Hannafin, M. J.& Peck, K. L. 1988. The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. New York. Macmillan Publishing Company.

Ibrahim, Muslimin. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press.

I. L. Pasaribu dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Kemp, J. E. & Dayton, D. K. 1985. Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper & Row Publisher Cambridge.

Khaeruddin, Eko Hadi Sujono 2005.Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Nana Sudjana. 1987.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Balai Pustaka.

Nur, M., dan P.R. Wikandari.2000.Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran.Surabaya: Pusat Studi MIPA Unesa.

Phillips, R. 1997. The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia: A Practical Guide For Educational Applications. London: Kogan Page Ltd.

Shaver. J. P. (Ed). 1991. Handbook of Research on Social Studies Teaching and Learning: A Project of The National Council for Social Studies. New York: Macmillan Publishing Company.

Slavin E. S 2008 Cooperative Learning (Teori, Riset dan dan Praktik).Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2002. “Media Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.