UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Pallangga Kab Gowa yang berjumlah 41 siswa terdiri atas 20 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi.Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data keaktifan siswa dalam kelas digunakan lembar observasi.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 49,56 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 14,63% sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,87 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tinggi sebesar 75,60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada pokok bahasan usaha, energi dan daya, kemudian pokok bahasan impuls, momentum dan tumbukan  siswa kelas X TKJ 1  SMK Negeri 1 Pallangga Kab Gowa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Kata kunci: Hasil belajar Fisika, pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick

This study is an action research (classroom action research) that aims to improve learning outcomes physics class X TKJ 1 SMK Negeri 1 Pallanga Gowa district, amounting to 41 students consisting of 20 men and 21 women. The research was conducted in two cycles of four major components, namely: 1). Planning, 2). Implementation of the action, 3). Observations, and 4). Refleksi.Untuk collect data about students' physics achievement test used in the form of multiple-choice and for data classes used in the student activity sheet observasi.Selanjutnya data were analyzed by using analysis of quantitative and qualitative analysis. The results showed in the first cycle an average score of student learning outcomes at 49.56 with the percentage of students in the high category at 14.63%, while in the second cycle an average score of student learning outcomes at 72.87 with a percentage of the number of students in this category high of 75.60%. It can be concluded that the study of physics on the subject of business, energy and power, then the subject of impulse, momentum and impact class X TKJ 1 SMK Negeri 1 Pallanga Gowa district can be increased by using cooperative learning model types talking stick.

Keywords: learning outcomes Physics, cooperative learning style of Talking Stick



Full Text:

PDF

References


Agus, Supriono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Djamaah Sopah. 2006. Belajar dan pembelajaran. Surabaya : Terbit Terang.

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Gaung Persada Pers.

Hafis. 2010. Talking Stick, (online), (http://Muaddab. Wordpres. Com/Talking Stick). Html, diakses 3 Januari 2010.

Khaeruddin, dkk. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan KBK. Makassar : UNM.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sagala, Saiful. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alpabeta

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinela Cipta.

Sudjana.1989. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Citra Aditya.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pararaton.

Suyatno. 2009. Menjelajajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.

Rober. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.