PERANAN PENDEKATAN ACADEMIC SKILL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Anis Nur

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk ; (1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan pendekatan academic skill. (2). Mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas X yang diajar secara konvensional.(3). Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika secara signifikan antara siswa kelas X yang diajar dengan menggunakan pendekatan academic skill dan yang diajar secara konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar Tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 240 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X1 dan kelas X3 dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang diajar dengan menggunakan pendekatan academic skill dengan rata-rata populasi 11-13 berada pada kategori kurang. Sedangkan rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang diajar secara konvensional dengan rata-rata populasi 9.15. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasih belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar Tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan pendekatan academic skill dan yang diajar secara konvensional.

Kata kunci: Academic skill, eksperimen fisika, hasil belajar


This experimental study aimed to: (1) Knowing how much the results of class X students studying physics SMA Makassar 9 academic year 2011/2012 are taught academic skills approach. (2). Knowing the results of class X students studying physics conventionally taught. (3). Knowing whether or not differences in physics learning outcomes significantly between students of class X who taught academic skills and approaches are taught conventionally. The population of this study were all students of class X SMA Makassar 9 academic year 2011/2012 consisting of 240 people. While the sample in this study is class X1 and X3 class by the number of students by 80 people. The results of descriptive analysis showed that the average yield learning physics class X 9 SMA Makassar who taught academic skills approach with an average population of less than 11-13 in the category. While the average yield learning physics class X 9 SMA Makassar taught conventionally with an average population of 9.15. Inferential analysis results indicate that there are significant differences between study has yet physics class X SMA Makassar 9 academic year 2011/2012 were taught to use academic skills and approaches are taught conventionally.

Keywords: Academic skill, experimental physics, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Anwar. 2004, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education), Bandung: Alfabeta

Cholid Narbuko & H. Abd. Achmadi. 2004, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi

Aksara. Depdiknas. 2002, Konsep Dasar Berorientasi Kecakapan hidup (life skill), Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimayanti & Mujiono. 1994, Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Proyek Pengembangan Dan Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti Depdikbuk.

Ibram, Marwah Daud.2003, Basic Life Skill: Mengolah Hidup Dan Merencanakan Masa Depan Jakarta: MHMMD Production.

Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan.UNM 2000, FIP Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Khaeruddin & Sudjiono. 2005, Pembelajaran Sains Berdasarkan KBK, Makassar: Universitas Press.

Muhammad Natsir.2004, Strategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Oemar Hamalik (Jakarta : Bumi Aksara 2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem.

Slameto.1988. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sugiono. 2007, Statistik non-parametrik, Bandung Alfabeta.

Sudjana. 1992, Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Tim Broad-based Education Depdiknas 2000. Pola Pelaksanaan Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hldup (Life Skill) Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas (Broad-Based Education-BBE)-Buku II untuk SLTP. Jakarta: Depdiknas.

Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Usman. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Poewadaminta W. J. S. 1987. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.