Developing Physics History Teaching Material through Yakin Enggak Sulit (SERFIS YES) Based on Graphic Learning Media for the Students at Physics Department of Unismuh Makassar
Abstract
The general objective of the research was to provide a resolution of thinking for lectures who were lecturers of the courses so that they can convince students that the material in the history of physicswas understood easly when presented with the appropriate teaching materials and instructional media. As for the specific purpose of the study was to determine the response of students to instructional material History Of Physics Teaching Material (SERFIS YES) based graphical learning medium for students of physics education studies Unismuh Makassar. This type of research was categorized as research and development with research design refers to the development of the 4D model. The research will be condusted at the University of Muhammadiyah Makassar, South Sulawesi especially those in physics education studies program as FKIP Unismuh Makassar. As for the process of research and development of teaching material was done starting from the stage of defining, designing, validating, testing materials and analyzed descriptively qualitative indicators based on student responses that have been developed previously. The result showed that the development of teaching material was done by combining the material with graphic design into a teaching material like comic. It made the students interested in reading the history of the development of physics, so expect the achievement of learning outcomes course the history of physics can be achived to tha maximum.
Keywords: Development of Teaching Material, Physics History is Not Sure (SERFIS YES), Graphic Learning Media
Tujuan umum dari penelitian ini adalah memberikan resolusi pemikiran bagi para dosen pengampuh mata kuliah agar mampu meyakinkan mahasiswa bahwa materi pada mata kuliah sejarah fisika lebih mudah dipahami apabila disajikan dengan bahan ajar dan media pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah mengetahui respon mahasiswa terhadap bahan ajar Sejarah Fisika Yakin Enggak Sulit (SERFIS YES) berbasis media pembelajaran grafis bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain penelitian mengacu pada pengembangan model 4D. Penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan terkhusus pada Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar. Adapun proses penelitian dan pengembangan bahan ajar yang dilakukan dimulai dari tahap pendefinisian, perancangan, validasi, hingga uji coba bahan ajar dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan indikator respon mahasiswayang telah dikembangkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dilakukan dengan mengkombinasikan materi dengan desaian grafis menjadi sebuah bahan ajar layaknya komik. Hal ini membuat mahasiswa tertarik untuk membaca sejarah perkembangan ilmu fisika, sehingga diharapkan pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah sejarah fisika dapat tercapai secara maksimal
Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Sejarah Fisika Yakin Enggak Sulit (SERFIS YES), Media Pembelajaran Grafis
Full Text:
PDFReferences
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Agus Diartono, Dwi. 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis
Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIKA, 13 (2). Semarang: FTI Universitas Stikubank Semarang
Pamuji, Muhammad Bagus. 2014. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk SMP/MTs Kelas IX Semester Ganjil. Jurnal. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Revolusi, Prabu. 2011. Peranan Media Semakin Tak Terbantahkan. Yogyakarta: SKH Kedaulatan Rakyat
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Jannah, Rodlotul. 2013. Merancang Media Pembelajaran Grafis. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
Nurdin. 2007. Model pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.