Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Pakue

Anisfaizurrahmah Anisfaizurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dengan dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakue. Pengambilan Sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh XI IPA I. Instrumen yang digunakan adalah tes pemehaman konsep fisika. Penelitian ini menggunakan analisis deskriftif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep fisika peserda didik yaitu dengan mengelompokkan peserta didik dalam 5 kategori, selanjutnya dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue 77 % yang menguasai pemahaman konsep tingkat translasi, 71% yang menguasai pemehaman konsep tingkat interpretasi dan 77% yang mengusai pemehaman konsep tingkap ekstrapolasi. Rata-rata kemapuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kriteria baik, ada 20 peserta didik yang berada pada kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% peserta didik Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai pemahaman konsep yang baik.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep

The purpose of this research is to get infomation about the Ability of Concept Understanding of Phisyics at Student of Class XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue who tought by using the guiding inquiry studying strategy. The research is a pra experimental research with one-shot case study design. The population of this research are students of  all classes IPA I SMA Negeri 1 Pakue. The sampel of this research was drawn ramdomly till obtained class XI IPA I. The research istrument that used was to test the ability of understanding phisycs concepts. This  research uses descriptive data analysis. In this research, the ability of students understending phisycs concept were analized by dividing  students into five categores, then analyzed based on the indicators of phisycs concepts understanding. The results of this researchs shows that the number of students of class XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue, 77% wich mastering phisycs concepts understanding at level translation. 71% which mastering physics concepts understanding at level interpolation, and 77% wich mastering physics concepts understanding at level esktrapolation. The average of students understanding physics consep is in  the good category. There are 20 students is in the good category. The result of this research show that 75%  students of class IPA I SMA Negeri 1 Pakue who tought by using the guiding inquiry studying strategy had a good understanding  of phisych concept.

Key words: Guided Inquiry, Concept Understanding

Full Text:

PDF

References


Andriani, T., Samad, A., & Nurlina, N. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Kelas Viib Smpn 8 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 159-168.

Imas Kurniasih & Berlin Seni. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Proesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Maknam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Maretasari, E., & Subali, B. (2012). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2).

Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern, Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Jogjakarta: Garudawacha.

Jufri, Wahab. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Darmadi. H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajarandalam Dinamika Belajar Siswa. DIY: Deepublish

Ulya, S., Hindarto, N., & Nurbaiti, U. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Think Pair Share (Tps) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas Xi SMA. Unnes Physics Education Journal, 2(3).

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Ernawati. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segi empat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.