Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Visual pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Gerak Harmonik Sederhana, Usaha dan Energi

Hardianti Hardianti

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika sebelum dan setelah diajarkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media visual serta peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang menggunakan desain The One Group Pretest-posttest yang melibatkan dua variabel terdiri  dari  variabel  terikat  dan  variabel  bebas. Variabel  terikat  yaitu  hasil  belajar  fisika  peserta didik dan variabel bebas yaitu pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media visual. Instrumen penelitian yang  digunakan  adalah tes hasil belajar fisika sebanyak 34 item yang berbentuk multiple choise test pada pokok bahasan “Gerak Harmonik Sederhana, Usaha dan Energi”. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji gain. Sampel penelitian ini berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian  menunjukkan pada pretest peserta didik memperoleh nilai rata-rata  hasil  belajar  sebesar 24,94. Sedangkan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,16. Dari perhitungan N-gain diperoleh sebesar 0,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pinrang meningkat dalam kategori sedang setelah diterapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media visual.

Kata kunci: CTL, media visual, hasil belajar fisika

Research has been conducted that aims to determine the results of physics learning before and after taught Contextual Teaching and Learning (CTL) assisted visual media, as well as improving learning outcomes physics of class XI IPA SMAN 2 Pinrang. This  research  is a pre-experimental  design  using  The  one  group  pretest-posttest  involving  two  variables  consisting  of  the dependent variable and independent variable. The dependent variable is the result of student physics learning and the independent variable is the learning Contextual Teaching and Learning (CTL) assisted visual media. The  research  instrument  used  is  physics  achievement test as  many as 34  items  in  the  form of multiple choise test on the subject "Simple Harmonic Motion, Work and energy". The data analysis technique used in this research is descriptive statistics and test gains. The study sample was 32 students. The results of this study show that in pretest the students get the average value of learning outcome of 24,94. While the posttest obtained an average value of 73,16. From the calculation of N-gain obtained by 0,64. So it can be concluded that the results of physics learning students of class XI IPA SMAN 2 Pinrang increased in the medium category after applied learning Contextual Teaching and Learning (CTL) assisted visual media.

Keywords: CTL, visual media, physics learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Prose Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Johnson, Elaine. 2014. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa

Sagala, Saiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung : Alfabeta

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya

Meltzer, David. 2003. The relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains : A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretes Scores. Jurnal Department of Physics And Astronomy, Lowa State University, Ames, Lowa 50011.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.