Penerapan Pendekatan Keterampilan Dasar Proses Sains terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Gowa

Fitri Magfirah, Muh. Tawil, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design  yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika setelah diajar dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 22 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji N-gain. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains mengalami peningkatan yang berada pada kategori sedang.

Kata kunci: Pendekatan keterampilan dasar proses sains,Hasil belajar Fisika

This researchis a pre-experimental research with a one-group pretest-posttest design that aims  to find out how much physics learning outcomes physics after being taught by Approach of basic science process skill. The data collection technique used is a learning result test consisting of 22 questions in the form of multiple choice that has been validated by two validators. The collected data were analyzed using descriptive analysis technique and N-gain test. From the results of the study found that learning with approach of basic science process skills to the experienced an increase that is in the category of being.

Keywords: Approach of basic science process skill, Learning result

Full Text:

PDF

References


Rohman, Muhammad & Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo

Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Siregar, Eveline & Nara, Hartini. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Komaralita, Arsela. 2013. Keterampilan Proses Sains (Online), (http://arselajedunk05.blogspot.co.id/2013/09/keterampilan-proses-sains.html, diakses 23 Agustus 2017).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Hake,Richard. 2002. Analyzing Change Gain Scores. (Online), (http://list.asu.edu, diakses 25 september 2017)




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.