Penerapan Pendekatan Keterampilan Dasar Proses Sains terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Gowa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika setelah diajar dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 22 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji N-gain. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan dasar proses sains mengalami peningkatan yang berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Pendekatan keterampilan dasar proses sains,Hasil belajar Fisika
This researchis a pre-experimental research with a one-group pretest-posttest design that aims to find out how much physics learning outcomes physics after being taught by Approach of basic science process skill. The data collection technique used is a learning result test consisting of 22 questions in the form of multiple choice that has been validated by two validators. The collected data were analyzed using descriptive analysis technique and N-gain test. From the results of the study found that learning with approach of basic science process skills to the experienced an increase that is in the category of being.
Keywords: Approach of basic science process skill, Learning resultFull Text:
PDFReferences
Rohman, Muhammad & Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo
Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Siregar, Eveline & Nara, Hartini. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Komaralita, Arsela. 2013. Keterampilan Proses Sains (Online), (http://arselajedunk05.blogspot.co.id/2013/09/keterampilan-proses-sains.html, diakses 23 Agustus 2017).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Hake,Richard. 2002. Analyzing Change Gain Scores. (Online), (http://list.asu.edu, diakses 25 september 2017)
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.