Analisis Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Fisika Dasar I dengan Menggunakan Scientific Approach Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada dosen Fisika tentang pendekatan-pendekatan sains yang dapat digunakan dalam membantu mahasiswa untuk lebih memahami konsep-konsep Fisika melalui kegiatan laboratorium. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Scientific Approach terhadap kemampuan menggunakan alat ukur Fisika Dasar I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One–Group Pretest–Posttest Design. Penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Untuk analisis secara kuantitatif digunakan análisis deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes awal dengan hasil tes akhir.
Kata kunci: Scientific Approach, kemampuan menggunakan alat ukur Fisika Dasar.
The general purpose of this research is to provide an overview to Physics lecturers about science approaches that can be used in helping students to better understand the concepts of Physics through laboratory activities. The specific purpose of this research is to know the influence of Scientific Approach to the ability of using Physics Basic Elementary Instrument I Student of Physics Education Program Unismuh Makassar. The type of research used in this research is pre experimental research with One-Group Pretest-Posttest Design research design. This research will be conducted at Muhammadiyah University of Makassar South Sulawesi. Data management in this research is done after collecting data, then analyzed quantitatively. For the analysis of quantitative descriptive analysis is used that is the average score obtained from the initial test results with the final test results
Kata kunci: Scientific Approach, the ability to use the Basic Physics gaugeFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Carl Wieman and Sarah Gilbert. 2015. Taking a Scientific Approach to Science Education, Part II—Changing Teaching. Journal Microbe, 10(5).
Fauziah, Resti, dkk. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, IX (2): 165-178.
Helmenstine, A.M. 2013. What is Fermentation? About.com Chemistry. Retrieved from http://chemistry.about.com/od/lecturenoteslab I/f/What-Is- Fermentation.htm.
Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Analisis materi ajar: Konsep Pendekatan Scientific. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.
Purnama, Tiara, dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Jilid 11, Nomor 2, hal. 155 – 160.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung : Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i1.1069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.