Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas V SD Hang Tua Makassar

DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.958

Penulis

  • Kristiawati Kristiawati Program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hangtua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pendekatan matematika realistik pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Hang Tua Makassar sebanyak 30 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 30 murid yaitu 12 orang murid atau 40% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65 atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,2. Sedangkan pada siklus II dimana dari 30 murid terdapat 24 orang murid atau 80% telah memenuhi KKM yaitu 65 dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,5 atau berada dalam kategori tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar melalui pendekatan matematika realistik mengalami peningkatan.

Referensi

Abdulbasir. 1988. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Airlangga University Press.

Agus, R. Sertawan, Hardjana. 1992. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Bandung: Angkasa.

Conny. 1990. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Dimyati. 1994. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 1983. Metode Mengajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bharatama Karya Aksara.

Ruseffendi, E. T. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarno. 1992. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman. 1993. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Diterbitkan

2018-09-13

Terbitan

Bagian

Articles