PROBLEMATIKA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI COVID-19

DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v9i1.3578

Authors

  • Nila Arianti
  • Sutama Sutama

pembelajaran daring, strategi pembelajaran, dampak Covid-19

Abstract

Deployment of Covid-19 in Indonesia has brought many impacts in various areas of life, among which is in the field of education. Closing the school as one of the policies taken to minimize the spread of corona viruses. The original learning activities are performed directly with face-to-face, now having to turn into online learning. Therefore, there is a need to adjust various parties to implement an online learning scheme. The purpose of this research is to identify the problems faced during the implementation of online learning, while describing appropriate strategies to be implemented so that online learning can run effectively. This type of research is a research study with the object of research that is problematic and online learning strategies in the Covid-19 pandemic era. To determine the validity and validity of data, this research uses source triangulation and extra time. The data analysis technique used is the constant comparison method. The results of the study obtained strategies for applying online learning that are appropriate based on the problem at hand.

Penyebaran Covid-19 di Indonesia telah membawa banyak dampak diberbagai bidang kehidupan, di antaranya yaitu pada bidang pendidikan. Penutupan sekolah sebagai salah satu kebijakan yang diambil untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka secara langsung, saat ini harus berubah menjadi pembelajaran secara daring. Untuk itu, perlu adanya penyesuaian berbagai pihak dalam menerapkan skema pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran daring, sekaligus mendeskripsikan strategi yang sesuai untuk diterapkan agar pembelajaran daring dapat berjalan secara efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan objek penelitian yaitu problematika dan strategi pembelajaran daring pada era pandemi Covid-19. Untuk mengetahui kevalidan dan kesahihan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode komparasi konstanta. Hasil penelitian diperoleh strategi penerapan pembelajaran daring yang sesuai berdasarkan masalah yang dihadapi.

References

Aji, Wahyu, Fatma Dewi, Universitas Kristen, and Satya Wacana. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Al-Qawiy, Abu Abdirrahman. 2004. “Mengatasi Kejenuhan.” Khalifa.

Arizona, Kurniawan, Zainal Abidin, and Rumansyah Rumansyah. 2020. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5 (1): 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Eudoxie, Gaius D. 2011. “Learning Styles among Students in an Advanced Soil Management Class: Impact on Students’ Performance.” Journal of Natural Resources & Life Sciences Education 40 (1).

Farisi, Mohammad Imam. 2012. “Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) Sebagai Model Penilaian Dan Pengembangan Karakter.” Kongres Ilmiah Nasional, 1–10.

Hapsari, Dwi, Puti Sari, and Julianty Pradono. 2009. “Pengaruh Lingkungan Sehat, Dan Perilaku Hidup Sehat Terhadap Status Kesehatan.” Buletin Penelitian Kesehatan, 2009.

Hasanah, Aan, Ambar Sri, Alvin Yanuar Rahman, and Yudi Irfan Danil. 2020. “Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19.”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. 2020. “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19),” 1–3.

Mansoor, Inaam. 1997. “Project Based Learning and Assessment: A Resource Manual for Teachers.” Arlington County Public Schools.

Nielsen, Line, Thérèse Shaw, Charlotte Meilstrup, Vibeke Koushede, Pernille Bendtsen, Mette Rasmussen, Leanne Lester, Pernille Due, and Donna Cross. 2017. “School Transition and Mental Health among Adolescents: A Comparative Study of School Systems in Denmark and Australia.” International Journal of Educational Research 83: 65–74. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.01.011.

Novita, Diana, and Addiestya Rosa Hutasuhut. 2020. “PLUS MINUS PENGGUNAAN APLIKASI-APLIKASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19,” no. June: 0–11.

Nurkholis. 2020. “Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah.” Pgsd 6 (1): 39–49. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS.

Pratiwi, Priska Sari. 2020. “Update Corona 23 Maret: 579 Kasus, 49 Meninggal, 30 Sembuh.” Cnnindonesia.Com. 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200323142245-20-486068/update-corona-23-maret-579-kasus-49-meninggal-30-sembuh.

Pujilestari, Yulita. 2020. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.” Adalah 4 (1): 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1): 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahin, Alpaslan. 2013. “Project T-Based Learnin Ng : Spec Cialized D Form O of Inquiry Y-Based L Learnin.” STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Approach, no. Stem M: 59–64.

Sohrabi, Catrin, Zaid Alsafi, Niamh O’Neill, Mehdi Khan, Ahmed Kerwan, Ahmed Al-Jabir, Christos Iosifidis, and Riaz Agha. 2020. “World Health Organization Declares Global Emergency: A Review of the 2019 Novel Coronavirus (COVID-19).” International Journal of Surgery 76 (February): 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034.

Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Thursan, Hakim. 2000. “Belajar Secara Efektif.” Puspa Swara, 2000.

Wena, Made. 2009. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.” Bumi Aksara, 2009.

Widianti, Efri. 2018. “Tingkat Kecemasan Terhadap Kematian Pada ODHA.” Jurnal Keperawatan Soedirman 12 (3): 199. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.3.758.

Downloads

Published

2025-05-11