Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Penggunaan Metode Paikem di Kelas III.A SDN Model Terpadu Madani

DOI: https://doi.org/10.26618/xxxvjn98

Authors

  • Rawina Universitas Tadulako

paikem method, reading interest, students

Abstract

This research is a type of Class Action Research (CAR) which aims to increase students' interest in reading through the application of the PAIKEM method. The subjects of this research were 32 students of class III.A SDN Model Terpadu Madani consisting of 13 boys and 19 girls. The data collection technique in this research was an observation sheet. The data analysis technique in this research was a quantitative descriptive technique to calculate the percentage value of the observation sheet of student activities and provide an observation sheet. The results of this research are that there is an increase from cycle I to cycle II, namely 56.3% . Thus, it can be concluded that the application of the PAIKEM method can increase students' interest in reading in class III.A SDN Model Terpadu Madani.

References

Anggraini, G. O. (2024). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549

Aniqoh, U., Suwarjo, & Ibrahim, A. (2024). Problem Based Learning model: Pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan kontribusi sosial siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 34(1), 45-56. https://doi.org/10.32585/jp.v34i1.6114

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Baharudin, B. (2016). Pengaruh Strategi Paikem dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 63-84.

Baidah, B., Hijaya, D., Rahmah, U., Harahap, N. S., & Gusmaneli, G. (2024). Mempraktikkan Pembelajaran yang Bernuansa Paikemi. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 59-79.. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1371

Hutagalung, T. B., & Andriany, L. (2023). Filosofi pendidikan yang diusung oleh Ki Hadjar Dewantara dan evolusi pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3). https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.615

Itta, M. (2022). Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan media Tubokas. Pertama. Jakarta: Mikro Media Teknologi.

Khaedar, M., Sabillah, B. M., & Alam, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Menulis Permulaan Murid Melalui Penerapan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Kelas I SD Negeri 38 Janna-Jannayya Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(2), 191-197.

Leltakaeb, W., Lering, M. E. D., & Lombo, L. (2023). Metode PAIKEM untuk Meningkatkan Minat Baca: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 2(02), 44-51. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v2i02.268

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2024). Relevansi pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara pada abad ke-21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, … (volume dan isu lengkap).

Panjaitan, R. A. (2024). Kreativitas guru bahasa indonesia dalam menerapkan paikem pada materi bermain drama. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 1-8. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.357

Sahbudi, A., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Sas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 228-235. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7626

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64-70. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Sumarno, Y., Christi, A. M., Gracia, F. Y., Runesi, A., & Timadius, H. (2021). Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 4(2), 226-244. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.274

Tunnisa, Z., & Alwi, N. A. (2024). Pengaruh pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 210-217. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3099

Downloads

Published

2025-11-25