PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ADAPTASITEKNOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES BORONG JAMBU II
Abstract
Metode Pembelajaran Berbasis Adaptasi Teknologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres Borong Jambu II.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis adaptasi teknologi terhadapmotivasi belajar siswa pada kelas V/B SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenPre- Eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitianiniialahkelas V/B SD Inpres Borong Jambu II yang berjumlah30 orang.Instrumenpenelitianyang digunakan yaitulembarobservasidan angket penguatan motivasi belajar siswa.
Setelahmenganalisis data, penulismenemukanbahwaketerlaksanaan padametode pembelajaran berbasis adaptasi teknologidenganskornilai 3,5dalamkategori sangat baik dan aktivitas siswa dengan skor nilai 3,4 dalam kategori baik. Adapun skornilaipretestpada responsiswamenggunakanmetode pembelajaran berbasis adaptasi teknologi sebesar73,23 dan nilai posttestresponsiswa pada metode pembelajaran berbasis adaptasi teknologi denganskor88.20. Sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar siswa pada kelas V/B SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis adaptasi teknologi sangat berpengaruh.
Kata kunci:Metode pembelajaran berbasis adaptasi teknologi, motivasi belajar siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I., &Darmawan, D. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya
Andriani, R., &Rasto, R. 2019. Motivasibelajarsebagaideterminanhasilbelajarsiswa. Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran, 4(1), 80.
Boeree, G. 2017. MetodePembelajaran&Pengajaran: Kritik dan Sugestiterhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran, dan Kecerdasan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. 2022. PenguatanLiterasi, Numerasi, Dan AdaptasiTeknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35.
Darmawan, D. 2013. Pendidikan TeknologiInformasi dan Komunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya.
Desmaniar, I., Harapan, E., &Kesumawati, N. (2020). PengaruhPenggunaanTeknologiInformasi Dan KomunikasiAntarPribadiTerhadap Hasil BelajarSiswa. Cahaya Pendidikan, 6(2), 79–93.
Huriyatunnisa, A. 2022. PenerapanAdaptasiTeknologiBagiGuru Sekolah Dasar dalamMenunjangPembelajaranDalamJaringan (Daring) di Masa Pandemi Anis Huriyatunnisa. Tahun, 6(2), 3163–3173.
Mailoa, E. 2015. Teknologi Pendidikan dan Media Pembelajaran. Makassar: Perpustakaan STIKES MEGAREZKY MAKASSAR.
Mardhatillah, Bellona Sabillah., Supardi, R., Indrabudiman, M. (2019). PengaruhPenggunaan Multimedia PembelajaranInteraktifTerhadap Hasil. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(2), 698–708.
MKDP, T. P. 2012. Kurikulum&Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindoPersada.
Musfiqon. 2020. MetodologiPenelitian Pendidikan. PT. PrestasiPutakarya.
Palittin, I. D., Wolo, W., &Purwanty, R. (2019). HubunganMotivasiBelajarDengan Hasil BelajarFisika. MAGISTRA: JurnalKeguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Perawati Bte Abustang, Waddi Fatimah, E. F. H. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 77–84.
Supardi, R., Khaedar, M., & Alam, S. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN MURID DI KELAS V SD INPRES BANGKALA III KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. … (Jurnal Kajian Pendidikan …, 6, 58–68. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4816
Waddi Fatimah, Perawati Bte Abustang, R. Supardi (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 28–35.
Prawiradilaga. 2012. Wawasan . Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Prawiradilaga, D. S., &Siregar, E. 2008. MozaikTeknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muh Khaedar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.