PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN MURID DI KELAS V SD INPRES BANGKALA III KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

R Supardi, Muh. Khaedar, Syamsul Alam

Abstract


Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran bermain jawaban murid di kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban MuridDi Kelas V SD INPRES BANGKALA III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas bersiklus terdiri dari dua siklus, setiap siklus diberi perlakuan sebanyak tiga kali pertemuan, dengan subjek dalam penelitian ini yaitu 31 Murid.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar muridadalah 61,8 berada pada kategori kurang. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar muridadalah 80 berada pada kategori baik. Ketuntasan belajar muridmeningkat setelah diberikan pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD INPRES BANGKALA III Kecamatan Manggala Kota Makassar.

 


Keywords


Strategi Bermain Jawaban dan Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara

Indrawan, Rully. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama

Karimah, Inayatul. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar MuridKelas V Melalui Strategi Bermain Jawaban Dalam Pembelajaran IPS.Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah Di SDN Pancakarya. Jember: FIP Jember

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suryasiwa. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres

Susanto. 2014. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 R Supardi, Muh. Khaedar, Syamsul Alam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.