METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENERAPANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA UPT SDN 49 LAPPO ASE KABUPATEN BONE

A. Muafiah Nur, Astuti Nandu, Nasrah Nasrah

Abstract


Konteks penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa yang masih tergolong kurang baik; pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru masih bersifat konvensional; dan siswa kurang memiliki motivasi belajar yang kuat. Kondisi ini diatasi melalui penerapan metode outdoor learning diamana pembelajaran dilaksanakan di luar ruangan dengan topik cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa sukses metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SDN 49 Lappo Ase Kabupaten Bone. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki langkah-langkah utama sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahap tindakan selalu direvisi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan akurat. Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan analitis deskriptif. Penerapan metode outdoor learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I dan II, dengan skor rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat dari 76,67 menjadi 83,06 dan ketuntasan klasikal pembelajaran juga meningkat dari 72,22% menjadi 88,89%.

Keywords


hasil belajar IPA, metode, outdoor learning

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., & Noorhapizah, D. (2018). Improving the Student’s Cooperation and Environmental Care Skill using Outdoor Learning Strategy Outbound Variation. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 274, 10–17. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.3

Beames, S., Higgins, P., & Nicol, R. (2012). Learning Outside the Classroom: Theory and Guidelines for Practice. In Routledge, Taylor & Francis Group (Vol. 3, Issue September). Routledge.

Evayani, N. L. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Outdoor Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 391–400. https://doi.org/10.5281/zenodo.4284193

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). In Prestasi Pustaka Raya.

Kangas, M. (2010). Creative and playful learning: Learning through game co-creation and games in a playful learning environment. Thinking Skills and Creativity, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2009.11.001

Purwaningsih, N. M. D., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Emasains, 6(2), 153–159.

Quay, J., Kokkonen, J., & Kokkonen, M. (2016). Finnish interpretations of Creative Physical Education. Asia-Pacific Journal of Health, Sport and Physical Education, 7(2), 173–190. https://doi.org/10.1080/18377122.2016.1196115

Rios, J. M., & Brewer, J. (2014). Outdoor Education and Science Achievement. Applied Enviromental Education & Communication, 13(4), 234–240.

Sarwanto. (2014). Karakteristik Pembelajaran IPA. Jakarta: Kencana Media.

Setiaji, R., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2018). Perbedaan Penggunaan Discovery Learning dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD Gugus Cokro Kembang Jenawi Karanganyar. In Jurnal Basicedu (pp. 11–18).

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Taniredja, T. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas. Jogjakarta: Diva press.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128–139.

Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 A. Muafiah Nur, Astuti Nandu, Nasrah Nasrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.