Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas V SD Hang Tua Makassar
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hangtua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pendekatan matematika realistik pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Hang Tua Makassar sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 30 murid yaitu 12 orang murid atau 40% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65 atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,2. Sedangkan pada siklus II dimana dari 30 murid terdapat 24 orang murid atau 80% telah memenuhi KKM yaitu 65 dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,5 atau berada dalam kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar melalui pendekatan matematika realistik mengalami peningkatan.Full Text:
PDFReferences
Abdulbasir. 1988. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Airlangga University Press.
Agus, R. Sertawan, Hardjana. 1992. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Bandung: Angkasa.
Conny. 1990. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.
Dimyati. 1994. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, Oemar. 1983. Metode Mengajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bharatama Karya Aksara.
Ruseffendi, E. T. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suwarno. 1992. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman. 1993. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Kristiawati Kristiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.