Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang berkualitas di Sekolah Dasar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap penyebaran. Instrumen penelitian ini meliputi: 1) penilaian ahli dan guru terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan; 2) soal tes, kemudian dianalisis dengan analisis data uji validasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah; (1) Perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing yang meliputi: a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), b) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes hasil belajar, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung: Yrama Widya.
Brickman, P., “Effects of Inquiry-Based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence”, International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 3 (2), 2009.
Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research. Fourth edition. NewYork: Longman Inc.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Lember Kerja Siswa. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.
Hussain, A., dkk., “Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry vs Traditional Lecture”, International Journal of Humanities and Social Learning. Vol. 1 (19), 2011.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kemendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Univessitas Negeri Malang
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Amri Amal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.