IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

Yanti Hardiyanti Oktavia

Abstract


Pembelajaran terpadu merupakan salah satu model pembelajaran dengan memadukan sejumlah mata pelajaran terhadap satu pelajaran. Berbagai mata pelajaran secara terpisah membuat siswa harus mengelompokkan mata pelajaran ke dalam beberapa bagian, padahal antar mata pelajaran memiliki keterkaitan dan keterhubungan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis dari 94 artikel ilmiah dengan batasan publikasi 10 tahun terakhir. Pencarian artikel ini melalui tahapan inklusi dan ekslusi, sehingga pencarian data tidak melebar dan fokus terhadap kata kunci. Adapun kata kunci pencarian difokuskan pada “implementasi pembelajaran terpadu”, “pembelajaran terpadu” dan “peningakatan kualitas pembelajaran”. Dari 94 artikel terdapat 7 artikel sesuai dengan kriteria setelah melalui screening. Sehingga pemerolehan data diperoleh berdasarkan pemerolehan artikel hasil akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu dalam peningkatan kualitas pendidikan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa implementasi pembelajaran terpadu dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inovatif. Sehingga penerapan pembelajaran terpadu membuat pembelajar aktif mengkontruksi pengetahuan karena telah direduksi dari beragam model pembelajaran inovatif bersifat luwes dan fleksibel.


Keywords


pembelajaran terpadu; kualitas pendidikan; peningkatan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arianto. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara, XIII(1), 1978-9726.

Dewi, C. (2010). Implementasi SIstem Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Risalah Surakarta.

Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa, III.

Hardinata, V. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pembelajaran Terpadu Pada Mahasiswa Prodi Diksasindo FIB UB.

Mardi, I. (2016). Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SD, VII(1), 55-74.

Meri, Y. N. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed dan Connected Berbasis Brain Based Learning, IV, 2339-0654.

Resmini, N. (2003). Peningkatan Kompetensi Berbahasa dan Kompetensi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Masalah.

Rini, S. (2011). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu Kimia Berbasis Kewirausahaan/ Chemoentrepreneurship (CEP) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Motivasi Berwirausaha Siswa.

Susilo, H. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Untuk Membentuk Guru Biologi Yang Profesional Dan Cerdas, II(1), 1-9.

Sutresna, N. (2015). Belajar Gerak dan Matematika Dasar Melalui Pendekatan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar(2).

Windariyah, S., Prabowo, & Widodo, W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Networked Terintegrasi Place-Based Education Di Sekolah Dasar, IV(1), 2460-8475.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yanti Hardiyanti Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.