PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM BERBASIS LECTORA INSPIRE KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYYAH MUHKTAR SYAFAAT DESA SUKA MUKTI

Anis Marlaeni

Abstract


Indonesia:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi Rukun Islam berbasis media Lectora Inspire dan mengetahui hasil validasi ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa serta edektifitasnya pada materi pembelajaran Rukun Islam berbasis media Lectora Inspire pada di kelas satu Madrasah Ibtidaiyyah Muhktar `Syafaat Desa Suka Mukti. Pada penelitian ini dilatar belakangi kurangnya efektifitas dalam meningkatkan motivasi proses belajar mengajar oleh guru, sehiingga pada saat proses belajar mengajar siswa menjadi bosan. Lalu dalam penelitian ini guru berinisiatif untuk mengembangkan media berbasis Lectora Inspire. Pendekatan penelitian ini adalah peneltian dan pengembangan (research and development). Dengan model pengembangan borg dan gall. Proses pengembangan media pembelajaran berbasis media Lectora Inspire pada materi Rukun Islam melalui 8 tahap, yaitu: Penelitian pendahuluan, Pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan produk, Uji validitas (uji ahli), Revisi I, Uji elompok kecil, Revisi II, dan Produk akhir.

English:

This study aims to develop the Rukun Islam material based on Lectora Inspire media and find out the validation of media experts, material experts, teacher and student responses and their effectiveness on Lectora Inspire media-based Rukun Islam learning materials in the first grade of Madrasah Ibtidaiyyah Muhktar `Syafaat Suka Mukti Village. The background of this research is the lack of effectiveness in increasing the motivation of the teaching and learning process by the teacher, so that during the teaching and learning process students become bored. Then in this study the teacher took the initiative to develop Lectora Inspire-based media. This research approach is research and development. With a borg and gall development model. The process of developing learning media based on Lectora Inspire media on the Pillars of Islam material goes through 8 stages, namely: Preliminary research, Data collection, Planning, Product development, Validity test (expert test), Revision I, Small group test, Revision II, and Final product.

 


Keywords


Material of the Pillars of Islam, Based on Lectora Inspire

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syahwaluddin. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Bulukumba: Jurnal PGSD; Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Ediyani, 2017Muhammad. Pengembangan Materi Pembelajaran Mahārah Al-Istimā’ Berbasis Media Lectora Inspire Di Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Aceh. Yogyakarta: Tesis Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Fauzi, Mahfud. 2019Pengembangan Multimedia Drills And Practice Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Sistem Power Window. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Husain, Hamdan. 2021. Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Indayati, Sri. 2019. Penerapan Strategi Make A Match Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Menyebutkan Rukun Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas 1 B MI Ma’aif Nu An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Pekalongan, Skirpsi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Muhmudah, Rivadatul. Dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa KELAS VII SMP Negeri 3 Selong. Artikel Universitas Hamzanwadi.

Rohman, Abdul. 2015. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Semarang: CV. Karya abadi Jaya.

Salama, Fadilah Safinatu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Cerita Animasi Berbantuan Lectora Inspire Dan Plotagon Pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Senillai Dan Berbalik Nilai. Jember: Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anis Marlaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.