PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU DENGAN PENDEKATAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MODEL MATRIKS DI SD

Jimmy Merantika, Mai Sri Lena

Abstract


Peneletian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks di Kelas V SDN 48 Daratan Merantih. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian berupa observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian RPP siklus I  dengan rata-rata 81% (Baik) dan siklus II 94% (Sangat Baik), pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83% ( Baik) dan siklus II 94% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 79,5% (Cukup) dan siklus II 94% (Sangat Baik). Penilaian sikap siklus I di kategorikan (Baik) dan di siklus II menjadi (Sangat Baik). Hasil belajar siswa siklus 1 dengan rata rata nilai 71 (Cukup) dan siklus II 89 (Baik), sedangkan persentase ketuntasan siklus I 36% (Kurang) dan siklus II dengan 95% (Sangat Baik). Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas V Sekolah Dasar.


Keywords


VCT Model Matriks, Tematik Terpadu, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi, dkk.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2014). Maia Manajteri Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lena, M. S., Netriwati, Aini, N. R. (2019) Metode Penelitian. Purwokerto : CV IRDH

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reinita. (2017). Peningkatan Penerapan Nilai Karakter Bangsa Menggunakan Pendekatan VCT Model Daftar Berorientasi Reading Literacy pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Padang: Prosiding Seminar Nasional PGSD Tahun 2017 ISBN: 978-602-619994-0-4.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tukiran Taniredja, Efi Miftah, & Sri Harmianto. (2015). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B, dkk. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jimmy Merantika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.