IMPLIKASI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

irsan saleh

Abstract


Pembelajaran daring merupakan salah satu inovasi pendidikan yang terbaik pada masa pandemic ini dan dapat memberikan manfaat dalam membantu menyediakan akses kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan siswa. Pembelajaran daring membantu mengurangi hambatan pembelajaran yang mengharuskan fisik berada dalam  lingkungan kelas. Pembelajaran yang diterapkan pada Sekolah Dasar merupakan sistem pembelajaran daring dengan bantuan bimbingan dari orang tua. Keberhasilan pembelajaran daring dipengaruhi karaketer siswa dalam kesiapan menerima pembelajaran. Karakter positif harus ditumbuhkan didalam diri siswa selama pembelajaran daring dan menjadi hal utama yang harus dimiliki siswa. Motede yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, metode survei dapat digunakan dalam penelitian untuk memecahkan masalah dalam skala besar dan terkajadi secara faktual dengan menggunakan sampel tertentu. Perubahan karaketer yang dimiliki siswa selama pembelajaran daring adalah 1) karakter religious, penanaman nilai-nilai agama yang dilakukan orang tua selama pembelajaran, 2) karakter disiplin dan jujur. 3) karakter peduli lingkungan dan peduli social. 4) karaketer disiplin, 5) Karaketer mandiri, 6) karaketer gemar membaca, 7) karaketer tanggung jawab. Penanaman karakter  pada siswa selama pembelajaran daring (online) terlaksana dengan baik karena ada koordinasi  dari guru dan orang tua siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 irsan saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.