Analisis evaluasi pembelajaran daring (Online) siswa sekolah dasar selama masa pandemi covid-19

Andi Lely Nurmaya

Abstract


Pandemic covid-19 yang telah mempengaruhi dunia pendidikan merupakan situasi yang tidak pernah terduga sebelumnya bagi guru, orang tua, dan siswa. Meskipun seperti itu pemerintah tetap mengupayakan pelaksanaan pembelajaran tetap berjalan salah satunya melalui pembelajaran daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ketercapaian pelaksanaan pembelajaran daring (online) selama masa pandemic covid 19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yang telah dibuat pada google form secara online kepada 80 responden. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya, partsispasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring , aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring, kondisi kualitas jaringan selama pembelajaran daring, kualitas materi yang diberikan guru selama pembelajaran daring, ketersediaan waktu diskusi antara guru dan siswa selama pembelajaran daring. Hal lain ditemukan peneliti dari jawaban responden untuk pelaksanaan pembelajaran di semester selanjutnya menunjukkan kurang siap menghadapi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Lely Nurmaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.