PENGARUH PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT) TERHADAP KEMEMPUAN MEMBACA PEMEHAMAN SISWA KELAS IV SDI BORONGUNTI KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

Aliem Bahri, Lukmayanti Lukmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing(AMBT) Terhadap Kemempuan Membaca Pemehaman Siswa Kelas IV SDI Borongunti Kecamatan Bajeng Kabupaten Gow. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan bentuk one group prestes-postest desing. Desain   Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan strategi AMBT (Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDI Borongunti Kabupaten Gowatahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV  SDI Borongunti sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (pree-Test) dan tes akhir (Post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi AMBT  Terhadap Kemempuan Membaca Pemehaman Siswa Kelas IV SDI Borongunti Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Hal ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran  yaitu rata-ratanya mencapai 52,92 , selanjutnya setelah menggunakan Strategi  Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) nilai rata-rata yang diperoleh sebesar  83,46 hal ini berarti bahwa tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa meninkat. Jadi strategi aktivitas membca berpikir terbimbing (AMBT) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan ujit. Hasil penelitian diproleh,     thitung = 6,039 dan ttabel= 1,789 maka thitung  ttabel atau 3,039 1,782. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa Strategi AMBT memberikan pengaruh positif yang signifikan.


Keywords


Strategi AMBT, Kemampuan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Pengajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Mustia, Sri Arianti. 2017. Pengaruh Penerapan Strategi Aktifitas Membaca Berpikir Terbimbing (AMBT) Terhadap Membaca Pemahaman Interpretif Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar

Nurhadi, 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Membaca. Bandung : Sinar Baru Algensido

Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumandayo S. 2011.Strategi dan Tehnik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-undang repoblik Indonesia No. 20 tahun 2003. Sistem PendidikanNasional, (Pasal 3 UU RI No.20/2003).




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aliem Bahri, Lukmayanti Lukmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.